Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Depok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Klinik Bisnis Disambut Hangat Kelompok UMKM Cemara Ampuh Barito Timur

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 Mei 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tim Klinik Bisnis disambut hangat oleh kelompok UMKM Cemara Ampuh, Barito Timur saat menggelar Kelompok Hebat atau KH 26 di Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur pada 2 Mei 2023.

Pembina UMKM Cemara Ampuh, Osin Marwan dalam rilis yang dikirimkan Klinik Bisnis pada Rabu, 10 Mei 2023 menyampaikan terima kasih kepada Klinik Bisnis telah datang ke Tamiang Layang.

"Besar harapan kami Klinik Bisnis dapat membagikan ilmu serta pengalaman kepada kelompok UMKM Cemara Ampuh. Terima kasih rekan-rekan Klinik Bisnis sudah datang ke Barito Timur dan bergabung bersama kami para pelaku usaha disini, saat yang tepat untuk kita saling berbagi informasi dan pengetahuan," kata Osin dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut kelompok UMKM Cemara Ampuh, Barito Timur juga menyampaikan kendala dalam hal marketing atau pemasaran. Mereka mengharapkan hadirnya Klinik Bisnis dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi.

"Kami ini kendalanya dari segi pemasaran, sebab harga bahan pokok yang tinggi di sini memberikan dampak terhadap harga penjualan produk kami. Sehingga kesulitan bersaing dengan harga pasar di luar dan memeroleh keuntungan yang lebih besar," lanjut Osin mewakili Kelompok UMKM Cemara Ampuh.

Koordinator Klinik Bisnis, Muhammad Asary kemudian memberikan pelatihan strategi marketing dan branding UMKM kepada peserta yang hadir.

"Penting untuk dilakukan oleh pelaku usaha agar usaha terus berkembang adalah menjalankan strategi marketing dan branding, diantaranya memainkan penerapan harga ganjil untuk mengecoh mindset konsumen, membuat persepsi brand dengan kalimat-kalimat pamungkas, mengangkat hal-hal unik/nilai dari produk, hingga menggunakan digital marketing lewat media sosial," pungkas Asary dengan semangat.

Asary menjelaskan bahwa Safari UMKM untuk mencari Kelompok Hebat atau KH 26 ini sudah dimulai sejak Maret lalu di Desa Bereng Kabupaten Pulang Pisau, dilanjutkan dengan mengunjungi Pulau Kupang Kabupaten Kapuas, Persatuan Istri Tentara atau Persit di Koramil 1011-04 Kota Kuala Kapuas, serta pelaku UMKM di Kabupaten Katingan.

Tidak berhenti di situ, selama menjalani puasa pun Tim Klinik Bisnis juga mengunjungi UMKM di Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Baru Ketapang serta Desa Bagendang Permai, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur hingg di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan. (TESTI PRISCILLA/R)

Berita Terbaru