Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Timur dan Eksekutif Teken Kesepakatan Bersama Perda Kawasan Tanpa Rokok

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Mei 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - DPRD Barito Timur dan eksekutif menandatangani kesepakatan bersama Peraturan Daerah atau Perda Kawasan Tanpa Rokok dalam rapat paripurna yang digelar pada Kamis, 11 Mei 2023.

Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Ariantho S Muler itu dihadiri anggota DPRD, Sekretaris Daerah, Sekretaris DPRD, Pabung Kodim 1012 Buntok, Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris Dinas Pendidikan, Kabag Hukum Setda Barito Timur serta tamu undangan lainnya.

Kepada wartawan, Ariantho yang diwawancarai usai rapat menjelaskan bahwa pihaknya bersama eksekutif telah menandatangani berita acara kesepakatan bersama terkait Perda Kawasan Tanpa Rokok.

"Setelah berita acara ini sudah ditandatangani maka selanjutnya kita lakukan pembinaan produk hukum ke pemerintah provinsi yaitu berupa evaluasi atau fasilitasi gubernur," ujarnya.

Setelah fasilitasi gubernur maka DPRD Barito Timur kembali melakukan penetapan Perda Kawasan Tanpa Rokok, kemudian meminta nomor registrasi.

"Setelah mendapatkan nomor registrasi maka Perda ini sah untuk diberlakukan dengan membentuk peraturan bupati sebagai petunjuk pelaksanaannya," lanjut Ariantho.

Dia menegaskan, konsekuensi terbitnya Perda tersebut maka akan ada kawasan yang dilarang untuk merokok, namun juga harus disiapkan tempat-tempat atau ruangan khusus untuk perokok.

"Seperti fasilitas umum harus menyediakan tempat untuk ruang khusus untuk perokok. Jadi selain ada wilayah yang dilarang, mereka juga wajib untuk membuat ruangan khusus," terang Ariantho.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Panahan Moetar mengatakan, pembentukan Perda Kawasan Tanpa Rokok bertujuan agar masyarakat hidup lebih sehat serta memproleh derajat kehidupan yang bersih.

"Kami berharap Perda ini bisa segera ditetapkan sehingga dapat memberi manfaat untuk masyarakat Barito Timur," ucapnya. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru