Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

15 Anak di Sukamara Tercatat Stunting

  • Oleh Norhasanah
  • 12 Mei 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Berdasarkan data pada tahun 2022, anak yang tercatat stunting di Kabupaten Sukamara berjumlah 15 orang.

"Data perkecamatan itu ada, hanya saja saya lupa. Untuk keseluruhan yang saya hitung itu kalau tidak salah ada sekitar 15 orang di tahun 2022," kata Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi, Jumat, 12 Mei 2023.

Menurut dia, dari 15 anak tersebut, ada yang menderita gizi buruk, gizi ringan dan lain sebagainya. Terkait ini, anak-anak tersebut diberikan penanganan khusus.

"Anak-anak ini menjadi fokus kita dalam penurunan angka prevalensi stunting di wilayah kita. Jadi kalau kita ingin mencapai target 14 persen itu, maka kita harus bisa menyembuhkan anak-anak ini," ujar Ahmadi.

Untuk dapat mencapai target pemerintah pusat, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan dan Kabupaten.

"Gambaran status gizi Kabupaten Sukamara menurut SSGI pada tahun 2022 menjadi 21,8 persen dibandingkan tahun 2021 sebesar 24,7 persen atau turun 1,5 persen," ucap Ahmadi.

Presentasi tersebut masih belum mencapai target, dan pada tahun 2023 angka stanting di Kabupaten Sukamara diharapkan dapat turun lebih signifikan.

"Berbagai langkah-langkah kita dapat lakukan secara sinergitas dan kolaboratif namun kita juga harus lebih menguatkan SDM tenaga lini lapangan yang merupakan ujung tombak percepatan penurunan stunting," tukas Ahmadi. (NORHASANAH/Y)

Berita Terbaru