Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MCP Jadi Alat Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 13 Mei 2023 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai Monitoring Center of Prevention (MCP) merupakan alat untuk meluruskan tata kelola pemerintahan.

“MCP adalah tools (alat) yang mampu membantu pemerintah daerah sehingga menjalankan sebuah tata kelola yang memang sesuai dengan regulasinya,” ungkap Ketua Satgas Bidang Pencegahan KPK RI Irawati dalam Rapat Koordinasi Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi pada Pemerintah Daerah di Aula Eka Hapakat, Jumat, 12 Mei 2023.

“Apa yang kami lakukan di Koordinasi dan Supervisi melalui Monitoring Center of Prevention (MCP),” tambahnya.

Ia menjelaskan ketika mendapatkan indikasi ataupun sumber-sumber bahan yang menjadikan suatu rujukan yang harus dilakukan dari sisi tata kelola pemerintahan sehingga ada upaya perbaikan.

“Lalu kami berkolaborasi dengan Kedeputian Pencegahan,” kata Irawati.

Selanjutnya Kedeputian Pencegahan membuat suatu indikator, membuat suatu penilaian yang namanya Survei Penilaian Integritas (SPI).

Irawati menegaskan MCP dan SPI adalah suatu kesatuan yang tidak terpisahkan, perbaikan melalui pemenuhan-pemenuhan yang ada Monitoring Center of Prevention, memiliki kaitan erat dengan Survei Penilaian Integritas. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru