Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengamat: Erick Thohir Mendapat Dorongan dari Jokowi Maju Cawapres

  • Oleh ANTARA
  • 14 Mei 2023 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari mengatakan Menteri BUMN Erick Thohir mendapat dorongan kuat dari Presiden Jokowi, untuk maju sebagai calon wakil presiden pada Pemilu 2024.

"Misalnya, ketika Presiden Jokowi ditanya siapa untuk cawapres, ya ada Erick Thohir," katanya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Dia menilai peluang diusungnya Erick Thohir sebagai cawapres tidak terlepas dari peran Presiden Jokowi, termasuk dalam penentuan koalisi partai politik pengusung pada Pilpres 2024.

"Pak Jokowi ini akan berpengaruh terhadap peta koalisi yang ada, termasuk juga misalnya soal calon wakil presiden," katanya.

Kondisi tersebut, lanjut dia, semakin terlihat dalam sejumlah kesempatan nama Erick Thohir seringkali disebut Presiden Jokowi sebagai sosok yang layak diusung cawapres. Hal itu semakin membuat daya elektoral Erick Thohir semakin menguat.

Selain itu, Erick menjadi sosok yang mendapat pertimbangan serius oleh parpol untuk diusung cawapres karena dinilai figur paling potensial.

Bahkan, kian dikuatkan dengan raihan tinggi elektabilitas Erick Thohir dalam hasil rekaman lembaga survei. Erick Thohir menjadi sosok yang konsisten tempat daftar elektabilitas teratas.

Hasil rekaman survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan periode 11-17 April 2023 menunjukkan. Elektabilitas Erick Thohir konsisten alami kenaikan signifikan sejak beberapa bulan ke belakang.

Lonjakan elektabilitas sudah mulai terlihat sejak dari bulan Februari 17,5 persen menuju Maret sebesar 11,3 persen. Hingga kemudian melesat pada April sebesar 17,3 persen.

Sebagai informasi, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dibuka mulai 19 Oktober 2023 s.d. 25 November 2023.

Berita Terbaru