Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT SSMS Tbk Serahkan Sarpras Dalkarhutla ke MPA Desa Talio Hulu dan Desa Tahai Jaya

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 Mei 2023 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Sawit Sumbermas Sarana (SSMS),Tbk - Citra Borneo Indah (CBI) Group menyerahkan bantuan sarana dan prasarana pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkahutla)  kepada Kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Talio Hulu dan Desa Tahai Jaya, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis, 11 Mei 2023.

Penyerahan bantuan ini dilakukan di Kantor Desa Tahai Jaya oleh Perwakilan PT SSMS Tbk disaksikan oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa. Bantuan yang diberikan berupa pompa pemadam, selang, nozzle dan kelengkapan lainnya. Selain itu, perusahaan milik pengusaha nasionak asal Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalteng H Abdul Rasyid AS ini juga memberikan pelatihan dan simulasi pengendalian bahaya Karhutla. 

Head of Sustainability PT SSMS Tbk, Henky Satrio Wibowo mengatakan, penyerahan bantuan dan pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk waspada terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) jelang musim kemarau.

“Kegiatan pelatihan dan simulasi ini rutin dilakukan setiap tahunnya untuk seluruh MPA binaan. Tujuannya untuk membangun dan meningkatkan sinergitas antara perusahaan dan masyarakat di sekitar lokasi perkebunan," jelas  Henky Satrio Wibowo.

Henky Satrio Wibowo menuturkan, saat ini, PT SSMS Tbk telah membina 11 tim MPA beranggotakan 165 orang yang tersebar di sekitar lokasi perkebunan perusahaan di Kobar, Lamandau, Pulang Pisau dan Kapuas.

"Masyarakat sekitar memliki peranan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan dari bahaya Karhutla. Oleh karena itu, dengan adanya pelibatan masyarakat dalam memitigasi Karhutla menjadi salah satu solusi untuk mengurangi dampak Karhutla," jelas Henky Satrio Wibowo.

Menurut Henky Satrio Wibowo, permasalahan karhutla bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. "Namun juga menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk sektor perkebunan kelapa sawit dan masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini, akan meningkatkan sinergi dan rasa kepedulian dalam mencegah dan menanggulangi Karhutla," ungkapnya. 

Henky Satrio Wibowo menambahkan, dengan dukungan dan kerja sama masyarakat, SSMS berkomitmen untuk sepenuhnya memastikan kebijakan tanpa bakar, termasuk melakukan pemantauan berkesinambungan dan mengelola risiko kebakaran demi terciptanya lingkungan yang aman dan berkelanjutan. (WAHYU KRIDA/Y)

Berita Terbaru