Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kenali Modus Penipuan Mengatasnamakan Bank

  • Oleh Pathur Rahman
  • 15 Mei 2023 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Komunikasi Informasi Statistik Persandian (Kominfo SP) Kota Palangka Raya mengajak masyarakat untuk mengenali modus penipuan mengatasnamakan bank.

Kepala Diskominfo SP Kota Palangka Raya Saipullah menyampaikan, adapun ciri - ciri penipuan mengatasnamakan bank adalah, pertama pelaku menolak menutup telepon, malah justru mendesak dan mengancam korban.

Ciri kedua, cara penyampaian informasinya tidak meyakinkan, misalnya bertele-tele atau tidak detail, ciri ketiga meminta data pribadi, seperti pin, password, informasi di kartu nama, nama ibu kandung hingga kode OTP.

Ciri keempat meminta korban untuk melakukan pembaruan kartu dengan ancaman blokir kartu, jika korban menolak. " Kenali ciri - cirinya ya biar masyarakat tidak mudah terjebak," katanya, Senin, 15 Mei 2023.

Lebih lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Camat Jekan Raya ini mengungkapkan, modus penipuan mengatasnamakan bank ini biasanya, meminta nasabah untuk memperbarui kartu, maupun pin kartu.

"Apabila ada keempat ciri tersebut pada si penelepon, harap masyarakat langsung menutup telpon, menghubungi bank yang di atas namakan dan bisa menghubungi pihak berwajib," pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru