Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berkomitmen Jaga Lingkungan, Kunci Keberhasilan PT SSMT Tbk Dalam Wujudkan Sawit Berkelanjutan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 16 Mei 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan, menjaga dan memelihara kondisi lingkungan sekitarnya, PT Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Tbk - Citra Borneo Indah (CBI) Group terus melakukanberbagai standar dan sertifikasi keberlanjutan yang telah dimiliki oleh perseroan, baik lokal maupun internasional.

Hal tersebut diantaranya  ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan, Penilaian Kinerja Pengelolaan Lingkungan (Proper), Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Komitmen mensertifikasi unit bisnis, bukan semata sebagai pemenuhan regulasi namun sebagai wujud tekad dan kesungguhan dalam rangka mewujudkan tata kelola yang baik dan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan yaitu tidak ada deforestasi, tidak ada penanaman baru di lahan gambut dan tidak ada pembakaran serta menerapkan kebijakan No Peat, Deforestasi and Exploitation (NDPE) dalam menjalankan praktek-praktek sawit berkelanjutan.

Untuk memastikan keberlanjutan bisnis, PT SSMS Tbk berupaya semaksimal mungkin untuk mengelola dan melindungi kawasan dengan nilai konservasi tinggi, hutan dan gambut yang berada di seluruh operasional. 

Khusus untuk area gambut, PT SSMS Tbk bekerjasama dengan konsultan eksternal untuk melakukan identifikasi sebaran kawasan gambut, tingkat kematangan dan kedalaman gambut, dan rekomendasi untuk monitoring dalam pengelolaan kawasan yang dikategorikan sebagai kawasan gambut sesuai regulasi pemerintah.

Dalam rangka mengurangi emisi karbon yang berdampak pada pemanasan global, PT SSMS Tbk mendorong penerapan operasional yang ramah lingkungan yakni penggunaan sumber energi terbarukan melalui pemanfaatan fiber dan cangkang sawit sebagai alternatif pembangkit listrik.

Inisiatif lain yang dilakukan PT SSMS Tbk sejak tahun 2018 telah mengoperasikan satu pabrik Biogas berkapasitas listrik 1,5 mega watt yang dapat menangkap gas Metana dari limbah cair kelapa sawit atau palm oil mill effluent dan mengubahnya menjadi sumber energi terbarukan. 

Kedepannya, PT SSMS Tbk berencana membangun tiga pabrik biogas dan dalam waktu dekat akan mengoperasikan satu pabrik biogas di PT Kalimantan Sawit Abadi (KSA).

PT SSMS Tbk juga memastikan pengelolaan limbah dilakukan secara bertanggung jawab sesuai aturan perizinan Pemerintah Indonesia. Semua limbah hasil pengelolaan pabrik 100% digunakan kembali seperti pemanfaatan limbah cair (POME) dan jangkos untuk meminimalisir penggunaan pupuk kimia (pestisida).

Dengan pemanfaatan limbah sawit sebagai sumber energi alternatif tersebut, maka secara bertahap, SSMS bisa mewujudkan penanganan perubahan iklim dan kemandirian energi. 


TAGS:

Berita Terbaru