Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kobar Gelar Sosialisasi Parpol Peserta Pemilu 2024

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 16 Mei 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah melaksanakan pembukaan Kirab Pemilu tahun 2024 pada 15 Mei di halaman kantor KPU Kobar.

Kemudian, melanjutkan kirab tersebut, KPU Kobar menggelar sosialisasi partai politik peserta pemilu 2024 di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat pada Selasa, 16 Mei 2023. 

Ketua KPU Kobar, Chaidir mengatakan sosialisasi tersebut termasuk rangkaian kegiatan dalam kirab pemilu tahun 2024 dengan menjangkau seluruh kalangan masyarakat. 

"Tujuannya adalah tidak lain supaya pemilu ini pesan-pesannya tersampaikan seluruh lapisan masyarakat ya, artinya tidak hanya lewat KPU tapi juga lewat kawan-kawan partai politik, anggota DPRD, tokoh masyarakat, mahasiswa, bersama-sama untuk menyampaikan pesan pemilu ya," ujarnya. 

Menyampaikan pesan terkait pemilu yang aman, damai dan baik melalui Sosialisasi Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024 "Satu Tahun Menuju Hari Pemungutan Suara, Pemilu Sarana Integrasi Bangsa."

"Di samping itu juga kita menginginkan bahwa sebagaimana yang disampaikan pemateri juga pemilu ini adalah proses terjadinya peralihan kepemimpinan yang resmi ya, yang itu akan ditahapi oleh semua pihak yang akan ikut berkontektasi pada pemilu tahun 2024 itu harapannya," kata Ketua KPU Kobar.

Setelah melakukan sosialisasi kepada anggota DPRD, mahasiswa serta tokoh masyarakat, KPU Kobar akan memberikan informasi juga kepada pemilih pemula di 6 kecamatan seperti anak-anak sekolah menengah atas dengan berfokus di Pangkalan Banteng. 

"Selanjutnya kita juga sosialisasi pada pemilih disabilitas, artinya kaum-kaum yang termejinal dalam hal ini karena kekurangan fisik ya, kita sosialisasi ke sana," ungkap Chaidir. 

Tak hanya itu, KPU Kobar berikan mensosialisasikan pemilu tahun 2024 pada kaum perempuan, mereka juga akan menyampaikan tahapan pemilu hingga pentingnya keikutsertaan kaum perempuan dalam hak pilihnya di pemilu tahun 2024. 

Kemudian sosialisasi juga kepada pelaku usaha kecil menengah mandiri (UMKM) yang ada di Taman Kota, Bundaran Pancasila untuk menyampaikan pemahaman terkait pemilu tahun 2024 termasuk kepada pengunjung maupun pembeli. 

Dalam wawancara, Chaidir menyampaikan juga KPU Kobar akan terus meningkatkan presentase target keikutsertaan masyarakat dalam pemilu tahun 2024 mendatang. 

"Sebelumnya Kabupaten Kotawaringin Barat ada diangka 79 persen, pada pilgub diangka 81 persen kita mengharapkan pemilu tahun 2024 tentu di atas 80 persen. Kita laksanakan sosialisasi secara masif dan melibatkan seluruh elemen yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat termasuk pemerintah daerah, tokoh masyarakat, organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan, termasuk kawan-kawan media ya," jelasnya. (NURITA/J)

Berita Terbaru