Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hati-Hati, Lubang pada Ujung Jembatan Hayaping Bahayakan Warga yang Melintas

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Mei 2023 - 14:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebuah lubang dengan diameter sekitar 10 sentimeter tiba-tiba muncul pada badan jalan di ujung sebelah timur jembatan Hayaping di RT 03 Desa Hayaping Kabupaten Barito Timur, Minggu, 21 Mei 2023. Meski terlihat kecil dari atas namun lubang itu membahayakan warga yang melintas karena terjadi pengikisan pada pondasi jembatan.

"Tadi saya intip ke dalam lubang ternyata di dalam lebih besar lubangnya. Kalau dilewati kendaraan mungkin bisa longsor semua dari atas,"  ucap Kepala Desa Hayaping, Krisnayadi, yang baru mengetahui hal tersebut.

Dia menduga banjir yang terjadi selama ini menyebabkan terjadi pengikisan pada struktur bawah dan pondasi jembatan menyebabkan timbulnya lubang itu.

Warga maupun pemerintah desa sekitar juga telah mengeluhkan kondisi jembatan kayu tersebut selama beberapa tahun terakhir karena mulai rusak pada struktur atasnya.

"Ini kayu-kayu bantalan kan sudah lama pakunya lepas, juga pagar jembatannya juga sudah rusak," ungkap Krisnayadi.

Dia mengaku dalam setiap musrenbang sudah mengusulkan perbaikan atau pembangunan jembatan beton karena jembatan tersebut merupakan akses utama warga di Kecamatan Awang untuk ke ibu kota kabupaten.

"Semua kades di Kecamatan Awang juga sudah ikut usulkan tapi sampai sekarang belum ada perhatian dari pemerintah kabupaten maupun provinsi," terangnya Kepala Desa.

Diketahui pada ujung timur jembatan Hayaping tersebut terhubung dengan jalan provinsi sedangkan pada ujung sebelah barat terhubung dengan jalan kabupaten. (BOLE MALO/R)


TAGS:

Berita Terbaru