Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Ini Sebut Penetapan Pj Bupati Barsel Sesuai Aturan

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Mei 2023 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng berasal dari Dapil IV meliputi Das Barito, Achmad Rasyid menyebut penetapan Pejabat (Pj) Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel) sudah sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku.

Menurutnya, adanya pro dan kontra merupakan hal wajar, akan tetapi jangan sampai perbedaan itu membuat semua kalangan utamanya masyarakat menjadi bermusuhan. Sikapi dengan bijak keputusan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Pertama yang perlu diketahui Pj ini sifatnya hanya sementara, sembari menunggu terpilihnya bupati baru definitif, dan kedua penetapan Pj Bupati Barsel itu sudah sesuai aturan dan mekanisme," ujar Legislator yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi II DPRD Kakteng ini, Kamis, 25 Mei 2023.

Pj Bupati Barsel kini telah resmi dilantik oleh Gubernur Kalteng dan dijabat oleh pejabat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menggantikan Pj Bupati Barsel sebelumnya. Pelantikan itu pun menuai penolakan dari sejumlah organisasi salah satunya Masyarakat Peduli Pimpinan Putra Daerah (MP3D) Kalteng.

Akan tetapi Achmad Rasyid mengatakan persyaratan dan mekanisme penunjukan Pj Bupati Barsel sudah terpenuhi, di mana telah diusul tiga nama dari kabupaten dan tiga dari pemprov lalu tiga lagi dari pemerintah pusat atau Kemendagri.

Kemudian, mengenai pentepatan itu merupakan kewenangan pemerintah pusat dan tentunya juga memperhatikan usulan dari pemprov maupun pemkab masing-masing, sehingga hal tersebut tidak ada yang salah serta melanggar aturan, sebab semuanya sudah melalui aturan yang berlaku.

"Jadi letak kesalahannya dimana sehingga menuai pro kontra, dan apabila memang tidak sesuai undang-undang tentu kita sebagai anggota legislatif juga pasti akan menolak. Kita semua tentu menginginkan pimpinan itu berasal dari putra putri daerah dan dimanapun keinginan itu sama, namun ini semua sudah terjadi, kita harus terima," ucapnya.

Lanjut Achmad Rasyid, karena hal itu sudah terjadi maka dari itu sebaiknya setiap daerah sedari sekarang mempersiapkan putra dan putri terbaik daerah masing-masing untuk mengahadapi Pileg serta Pilkada pada tahun 2024 mendatang selagi ada waktu, dan diharapkan nantinya akan terpilih putra putri terbaik yang bisa membangun serta memajukan daerahnya.

Di sisi lain, dirinya berharap kepada Pj Bupati Barsel yang baru saja dilantik untuk mengisi kekosongan Bupati di Barsel agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, dan diharapkan juga Pj Bupati Barsel bisa menjabat sampai berlangsungnya Pileg dan Pilkada tahun 2024 mendatang.

"Tentunya Pj ini tugasnya terbatas waktu maupun kewenangannya, harapan kita hingga pelaksanaan Pileg dan Pilkada 2024 Pj Bupati Barsel masih menjabat, sehingga bisa membuat Barsel aman dan kondusif serta bersifar netral tidak memihak pada parpol manapun ketika pada pelaksanaan pemilu nantinya," tukasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru