Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bukan Dikecilkan, Dinas PUPR Kotim Sebut Bundaran Tidar Dibongkar Total

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 26 Mei 2023 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kotawaringin Timur mengatakan Bundaran Tidar bukan dikecilkan dimensinya melainkan dibongkar total. 

"Untuk keberadaan Bundaran pada Simpang 4 Tidar diusulkan untuk dilakukan pembongkaran secara menyeluruh," kata Kepala Dinas PUPR Kaspul Zain melalui Kepala Seksi Jalan Rony Ilmiawan, Kamis, 25 Mei 2023.

Hal ini dikarenakan dengan adanya bundaran sering terjadinya antrean yang cukup panjang di setiap kaki simpang. Karena kendaraan harus berputar terlebih dahulu menyesuaikan bundaran sehingga terjadi perlambatan arus lalu lintas.

Di samping itu untuk pengaturan lalu lintas di simpang 4 Tidar telah diatur dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau lampu merah sehingga keberadaan dan fungsi bundaran sebagai pemecah arus lalu lintas tidak diperlukan lagi.

Dengan dilakukannya pembongkaran bundaran, simpang Tidar akan lebih besar sehingga kendaraan yang melewati mulut simpang akan menerus dan tidak terjadi perlambatan.

"Hal ini akan meminimalisasi panjangnnya antrean kendaraan pada setiap kaki simpang yang saat ini sering dikeluhkan oleh Masyarakat yang melintas," ujarnya. 

Pembongkaran Bundaran Tidar sudah dimulai sejak Selasa, 23 mei 2023. Pembongkaran sudah melalui kajian teknis Dinas Perhubungan serta berdasarkan hasil rapat koordinasi forum LLAJ Kabupaten Kotim yang digelar 17 Februari 2023.

Pelaksanaannya dikerjakan melalui kegiatan rutin drainase, jalan dan jembatan, yang sudah ada pekerja, bahan dan alat. Sehingga tidak ada anggaran khusus. 

"Kami berharap pengerjaannya segera selesai, agar masyarakat khususnya pengguna jalan di area itu merasakan kenyamanannya," demikian Rony. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru