Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mukhtaruddin dan Kemenperin Gelar Seminar Wirausaha Industri di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 26 Mei 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna membuka mindset dan wawasan masyarakat tentang dunia kewirausahaan, Kementrian Perindustrian dan Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bekerjasama dengan Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtaruddin, menggelar Seminar Kreatif Menjadi Wirausaha Industri yang digelar di Kecamatan Pangkalan Lada, Jumat, 26 Mei 2023.

Usai pembukaan kegiatan yang digelar secara santai dikawasan Agro Wisata Tani Subur, Desa Pangkalan Tiga ini, Mukhtaruddin menjelaskan tujuan utama kenapa pihaknya berkerjasama dengan berbagai pihak guna menggelar kegiatan tersebut.

"Dengan membuka mindset tersebut harapannya kedepan bisa semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk menjadi pelaku wirausaha industri. Hari ini, diberikan kesempatan pada 160 peserta dari Kecamatan Pangkalan Lada," jelas Mukhtaruddin.

Karena, menurut Mukhtaruddin, saat ini dari penduduk Indonesia baru 3,4 persen atau 9 juta individu yang menjadi pengusaha.

"Sedangkan sebuah negara busa dikatakan maju, persentase masyarakat yang menjadi pewirausaha sudah sebanyak 10 persen. Hal ini perlu disiapkan lantaran tahun 2030 Indonesia bakal mendapatkan bonus demografi dimana bakal terjadi surplus jumlah individu produktif," jelas Mukhtaruddin

Menurut Muhktaruddin, dengan banyaknya jumlah penduduk yang produktif saat itu, artinya jumlah pencari kerja juga sangat banyak dan menimbulkan ketatnya persaingan di bursa pencari kerja.

"Agar bonus demografi tersebht bisa dimanfaatkan dengan baik, pastinya mulai saat ini kita semua harus menyiapkan SDM agar bisa berwirausaha industri mandiri. Nantinya pasca seminar hari ini, kedepan bakal digelar pelatihan teknis wirausaha industri. Harapannya dengan kegiatan seminar membuka mindset kewirausahaan dan nantinya teknis wirausaha, masyarakat bisa membuka lapangan kerja sendiri sesuai passion dan keahliannya masing-masing," jelas Mukhtaruddin. (WAHYU KRIDA/J)

Berita Terbaru