Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Bacaleg

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 Mei 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengajak masyarakat di Kabupaten Lamandau untuk ikut serta melakukan pengawasan terhadap bakal calon legislatif (Bacaleg) yang telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Laporkan jika menemukan pelanggaran,” kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran

Bawaslu Provinsi Kalteng, Kristaten Jhon saat melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Bawaslu Kabupaten Lamandau, Jumat, 26 Mei 2023.

Dikatakan Kristaten, masyarakat bisa menyampaikan informasi awal untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu atau melaporkan apabila menemukan ada dugaan pelanggaran pemilu, seperti politik uang.

Laporan dugaan pelanggaran pemilu, lanjut dia, bisa disampaikan kepada pengawasan pemilu terdekat, seperti Panwas Kelurahan, Panwas Kecamatan atau langsung kepada Bawaslu.

“Kami siap menerima dan menindaklanjuti laporan dari masyarakat sepanjang laporan tersebut memenuhi syarat,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan pemilu luber dan jurdil, kata dia, harus dilakukan dengan pengawasan secara formal dan secara hakikat. Secara formal dilakukan Bawaslu karena sudah dimandatkan dalam undang-undang dan secara hakikat sejatinya adalah tugas masyarakat.

“Maka di sini dibutuhkan partisipasi masyarakat biar pemilu berjalan luber dan jurdil,” tegasnya.

Diakui Kristaten, pihaknya sangat memerlukan dukungan dan support semua elemen. Karena perhelatan lima tahunan ini bukan hanya untuk menyalurkan hak pilih semata.

“Tapi juga untuk berkontribusi. Kami mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya pengawasan partisipatif dan mendukung pengawasan Pemilu,” pintanya.

Diketahui, kunjungan kerja tersebut dilakukan dalam rangka supervisi dan monitoring sarana dan prasarana di Kecamatan. Bersama Komisioner Bawaslu Kabupaten Lamandau, mereka mengunjungi Sekretariat Panwas Kecamatan Bulik dan Sematu Jaya.

(HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru