Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Dorong Percepatan Kobar Jadi Pusat Industri Perkebunan di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Mei 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Jubair Arifin mendorong adanya percepatan menjadikan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sebagai pusat industri perkebunan di Kalteng.

Dia mengungkapkan, menjadikan Kobar sebagi pusat industri perkebunan, itu tidak hanya menjadi keinginan pemerintah dan pihak swasta saja, akan tetapi juga sebagian besar masyarakat di kabupaten tersebut.

"Ketika reses kesana saya mengetahui respon masyarakat itu. Jadi harapannya Kobar sebagai pusat industri perkebunan supaya bisa dipercepat, sebab akan banyak dampak positif yang dirasakan," ucapnya, Sabtu, 27 Mei 2023.

Dirinya mengatakan, didalam rencana tata ruang wilayah kabupaten (RTRWK) Kobar, khawasan khusus untuk dijadikan sebagai tempat wilayah industri telah disiapkan dan hal itu perlu medapat perhatian serius pemerintah.

"Terutama terkait perizinan menjadikan Kobar sebagai wilayah industri, itu jangan sampai dipersulit oleh pemerintah baik pusat maupun provinsi. Kobar ini memiliki potensi besar, apalagi terkait bahan baku itu sangat menjanjikan," ujarnya.

Di Kobar banyak terdapat perusahaan perkebunan utamanya sawit, untuk penyediaan bahan baku industri yang berasal dari CPO sangatlah besar, sehingga dalam hal ini tidak akan mengalami kendala sedikitpun.

"Harapan kita pastinya pemerintah pusat dan pemda bisa mendukung agar Kobar bisa menjadi kawasan industri. Di sisi lain kita juga minta untuk tenaga kerja supaya setiap perusahaan memberdayakan masyarakat lokal," imbuhnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru