Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dapatkan Pupuk Subsidi Harus Terdaftar SIMLUHTAN dan Punya Kartu Tani, Ini Penjelasan Distan Kobar

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 27 Mei 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengatakan bahwa jika ingin mendapatkan pupuk subsidi maka diharuskan telah tergabung dalam kelompok tani, SIMLUHTAN (Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian) yang datanya harus sesuai dengan kartu tani. 

"Untuk pupuk subsidi Kotawaringin Barat alhamdulillah kita sudah jalan menggunakan kartu tani sejak 2021 Kotawaringin Barat sudah hampir 60 persen petani sudah melakukan penebusan dengan menggunakan kartu tani," ujar Kepala Dinas Pertanian Kobar Kris Budi Hastuti, Sabtu, 27 Mei 2023.

Dalam mendapatkan subsidi pupuk tersebut mempunyai kartu tani yang mendapatkannya melalui data petani yang harus masuk ke dalam sistem SIMLUHTAN sehingga petani akan mendapatkan subsidi pupuk.

"Untuk mendapatkannya kita usul lewat e-Alokasi yang disusun dari tingkat bawah, kelompok tani naik ke desa kemudian desa memverifikasi supaya bisa diinput oleh tim entry kecamatan di e-Alokasi, jadi usulan petani yang dari bawah harus masuk ke sistem yang sinerginya antara SIMLUHTAN dan Dukcapil, menemukan data mulai nama petani, ibu kandung, NIK, tempat tanggal lahir harus sinkron," katanya.

Ia menambahkan "Kalau tidak sinkron dia akan tertolak oleh sistem, jadi by name by adress."

Kris Budi Hastuti mengungkapkan, sejak Juli 2022 sampai sekarang, komoditas yang didapatkan sebanyak 9 komoditas subsidi pupuk, yaitu komoditi perkebunan kopi, kakao, tebu rakyat. Lalu, Komoditi pertanian padi, jagung, kedelai sedangkan hortikultura untuk cabai, bawang merah, dan bawang putih. 

Selain itu, untuk mendapatkan subsidi pupuk, kelompok tani harus memiliki luas lahan maksimal 2 hektare. Ia menyaimpaikan bahwa Dinas Pertanian Kobar akan selalu membantu kelompok petani tani ke depannya.

"Harapan kami ke depan semoga pupuk subsidi tetap ada. Kedua, komoditi hortikultura tolong jangan dibatasi petani tidak hanya nanam cabe, bawang kan ada bayam, timun dan sayuran lainnya, nah harapan kami jangan dibatasi," harapnya. 

Kemudian, pihaknya akan terus mengawasi jalannya distribusi subsidi pupuk sampai ke kelompok petani, sehingga tidak ada pihak-pihak yang melakukan penyelewengan untuk kepentingan pribadi. (NURITA)

Berita Terbaru