Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Area Plasma PT SML Capai 36,51 Persen dari Luasan Kebun Inti

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 27 Mei 2023 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - PT Sawit Mandiri Lestari (SML) dengan Koperasi Karya Bakti Mitra Bakuba menjalankan program pembangunan kebun Plasma secara bersama-sama telah membangun 36,51 persen dari total luas areal kebun yang diusahakan, melebihi ketentuan pemerintah.

“Hal ini dilakukan semata-mata demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi petani, terutama ketika melaksanakan sistem kemitraan inti plasma,” kata Regional Head PT SML, Sariyanto.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 26 Tahun 2007 pasal 11 tentang kewajiban membangun kebun untuk masyarakat sekitar paling rendah seluas dua puluh (dua puluh) persen dari total luas areal kebun yang diusahakan.

Ditambahkan Sariyanto, berkat sinergi bersama pemerintah desa, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan masyarakat Desa Penopa, Desa Suja dan Desa Karang Taba yang telah berjalan sejak 2016, PT SML akan membagikan SHK Koperasi Karya Bakti Mitra Bakuba.

Pada tahun 2023 ini, SHK yang dibagikan sebesar Rp 1.268.400.000 (Satu Milyar Dua Ratus Enam Puluh Delapan Juta Empat Ratus Ribu Rupiah) kepada sebagian pemegang CPCL pada areal Limau Satu Estate Seluas 3.524,56 hektar (Ha) sesuai SK HGU Kementrian Agraria dan Pertanahan Nomor 44/HGU/KEM-ATR/BPN/VII/2021 tertanggal 14 July 2021.

 Keberadaan PT Sawit Mandiri Lestari (SML) yang merupakan perusahaan perkebunan dan pabrik pengolahan kelapa sawit di Kabupaten Lamandau memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat khususnya di desa sekitar perusahaan.

Berbagai apresiasi disampaikan oleh para pemangku kepentingan dan sejumlah pengurus koperasi kemitraan plasma terhadap PT SML.

“Kami berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT SML yang membuka kemitraan dengan desa kami,” kata Kepala Desa Suja, Kecamatan Lamandau, Sandang.

Diharapkan Sandang, ke depannya kemitraan yang telah dijalin tersebut memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di sejumlah desa yang masuk ke dalam anggota Koperasi Karya Bakti Mitra Bakuba.

(HENDI NURFALAH/Y)


TAGS:

Berita Terbaru