Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Suhaimi Tegaskan Komitmen Pemprov Kalteng Terapkan SPBE

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Mei 2023 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Suhaemi menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng dalam penerapan SPBE.

"Pemprov Kalteng berkomitmen tinggi dalam implementasi SPBE, sebagaimana diamanatkan Perpres Nomor 95 Tahun 2018," tegasnya saat mewakili Sekda Kalteng, Nuryakin di Aula Bappedalitbang Kalteng, Senin 29 Mei 2023.

Suhaemi menyampaikan Pemprov Kalteng menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan pendampingan teknis SPBE dari Kementerian PAN dan RB ini.

Pendampingan ini dimaksudkan untuk membantu pemerintah daerah dalam menyusun arsitektur dan peta rencana SPBE Pemerintah Daerah (Pemda).

SPBE sesuai Perpres Nomor 95 Tahun 2018 adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 132 Tahun 2022 tentang Arsitektur SPBE Nasional, pada Pasal 3 ayat (5) dinyatakan bahwa Kepala Daerah menetapkan Arsitektur SPBE Pemerintah Daerah dengan keputusan kepala daerah paling lambat tahun 2023.

Arsitektur SPBE merupakan kerangka dasar yang mendeskripsikan integrasi proses bisnis, data dan informasi, infrastruktur SPBE, aplikasi SPBE, dan keamanan SPBE untuk menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi.

Arsitektur ini di dalamnya mengatur tentang pengintegrasian dan harmonisasi pelaksanaan bisnis, data dan informasi yang dibutuhkan dan dihasilkan, aplikasi yang dikembangkan, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang diperlukan, dan keamanan yang diterapkan, serta layanan yang dihasilkan.

Sedangkan Peta Rencana SPBE adalah dokumen yang mendeskripsikan arah dan langkah penyiapan dan pelaksanaan SPBE yang terintegrasi. Penerapan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE dapat menciptakan keselarasan antara bisnis dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi kebutuhan organisasi. (HERMAWAN DP/R)


TAGS:

Berita Terbaru