Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penghijauan dan Cegah Abrasi Pantai, DPRD Dukung Penanaman Mangrove

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 29 Mei 2023 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Barat (Kobar) mengapresiasi penanaman mangrove yang digelar oleh Kodim 1014/Pbn dengan melibatkan komponen masyarakat, dalam rangka penghijauan dan mencegah terjadinya abrasi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman. Menurutnya, penanaman mangrove ini penting, karena merupakan salah satu langkah pencegahan demi mewujudkan dan menyelamatkan alam.

"Belum lama ini, saya mengikuti kegiatan penanaman Mangrove yang digelar oleh Dandim 1014 Pbn, serta komponen masyarakat di Pantai Keraya. Saya sangat mendukung kegiatan yang fokus pada pelestarian lingkungan tersebut," kata Bambang Suherman, Senin, 19 Mei 2023.

Bambang Suherman mengharapkan, dengan kegiatan itu, semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

Seperti diketahui bersama, bahwa mangrove bisa menjaga ekosistem pesisir dengan baik untuk menangkal abrasi. Serta menjadi tempat tinggal biota laut, seperti kepiting dan lainnya.

"Tentu, DPRD mendorong agar dukungan sumber daya alam kita lebih baik lagi. Menanam mangrove adalah langkah yang strategis di kawasan pesisir pantai kita yang melimpah SDA. Diharapkan, masyarakat bisa tumbuh kesadaran untuk menjaga lingkungan masing-masing," tuturnya.

Bambang menambahkan, jika lingkungan seringkali terabaikan dan akan teringat saat terjadi bencana. Seperti di Pesisir Pantai Keraya ini ancaman Rob selalu terjadi, sehingga persoalan lingkungan butuh perhatian lebih serius.

"Maka dengan penanaman Mangrove ini akan dapat mencegah banjir Rob. Kemudian, setelah ditanam, maka giliran masyarakat untuk menjaga dan merawatnya. Tentu ini perlu kepedulian kita bersama dalam menjaga lingkungan," pungkasnya. (DANANG/J)

Berita Terbaru