Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disarpustaka Kapuas Jalin Kemitraan Tingkatkan Budaya Literasi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 Mei 2023 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas bersepakat dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Khoir Arrosyid Desa Sei Pitung, Kecamatan Kapuas Barat untuk bermitra dalam peningkatan budaya literasi di kalangan pengajar dan santri setempat.

Kepala Disarpustaka Kapuas, Suwarno Muriyat melalui Pustakawan Way Fitriah mengutarakan jika nota kesepatan telah ditanda tangani dengam pimpinan Ponpes Darul Khoir Arrosyid.

"Tindaklanjutnya kami membawa satu unit mobil perpustakaan keliling ke Ponpes Darul Khoir Arrosyid yang berisi hampir seribu judul buku sekaligus menyerahkan sebanyak 200 judul buku guna mengisi perpustakaan ponpes setempat," katanya, Senin, 29 Mei 2023.

Ia menambahkan jika kedatangan mobil perpustakaan keliling ke Ponpes yang jauh dari pusat ibukota kabupaten dan kecamatan itu langsung diserbu oleh para santri karena haus akan informasi.

Sementara itu, Arifin salah satu santri yang sejak awal tekun membaca buku Ketrampilan Bertani merasa senang karena mendapat informasi baru yang sangat berguna dalam pengembangan ketrampilan bercocok tanam.

“Buku-buku yang tersedia dalam mobil perpusling sangat variatif dan tidak tersedia di perpustakaan Ponpes kami. Harapannya sebulan sekali perpusling mengunjungi kami guna mendapat pengalaman baru dari buku sekaligus mengurangi kesenjangan informasi,” ucap Arifin. (DOD RIZKIANSYAH/Y)

Berita Terbaru