Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

GPPI Kotim Berharap Pengembangan Bandara H Asan Sampit Benar-Benar Terlaksana

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 30 Mei 2023 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Gabungan Pengusaha Perkebunan Indonesia (GPPI) Kabupaten Kotawaringin Timur Siswanto berharap rencana pengembangan Bandara H Asan Sampit benar-benar terlaksana.  

"Di Kotim merupakan Perusahaan Besar Swasta (PBS) terbesar dan terluas di Indonesia, secara otomatis menyerap tenaga kerja berikut keluarganya. Jangan ada kesan di Sampit biasanya hangat-hangat tai ayam karena hanya uji coba yang dilakukan tetapi tidak dilaksanakan," kata Siswanto, Selasa, 30 Mei 2023.

Dia sempat mengikuti audiensi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bersama Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan tentang Pengembangan Bandar Udara H Asan Sampit dan Peninjauan Bandar Udara H Asan Sampit di Rumah Jabatan Bupati.

Dirinya mengatakan, yang terpenting dalam penerbangan di Sampit ialah rutin terbang. Karena di daerah ini tempat berkumpul perantau yang sering melakukan perjalanan menggunakan pesawat. 

"Kenapa maskapai memasang harga tinggi, karena tidak ada kepastian terbang," tegasnya. 

Dia memaparkan situasi itu sering dirasakan ketika telah membeli tiket pesawat, namun maskapai tiba-tiba membatalkan penerbangan. Bahkan ketika kapasitas penerbangan terpenuhi.

"Mohon perpanjangan landasan pacu bisa ditindak lanjuti, meski sehari sekali penerbangan itu harus pasti jangan sampai batal. Kalau batal, bandara Pangkalan Bun dan Palangka Raya itu jauh," tandasnya.

Pembatalan itu juga sangat merugikan, baik dari segi waktu maupun ekonomi. Penumpang bisa saja kehilangan tiket lanjutan dan hangus apabila berbeda maskapai dengan penerbangan sebelumnya. 

"Janganlah sekali terbang sekali tidak saya harap sampit meski satu penerbangan tapi pasti," harapnya. 

Siswanto berharap perpanjangan landasan pacu ini memberikan pilihan penerbangan dan maskapai tetap konsisten. Karena selama ini penerbangan di Sampit tidak setiap hari dan hanya maskapai Nam Air dan Wings Air. (DEWI PATMALASARI/J)

Berita Terbaru