Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau: Jangan Jual Kebun Plasma Sawit

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 31 Mei 2023 - 12:11 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau Hendra Lesmana dengan tegas memperingatkan masyarakat di daerah setempat untuk tidak memperjualbelikan kebun plasma sawit. Sebab kebun plasma bisa menjadi salah satu penopang perekonomian masyarakat.

“Program plasma ini tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat. Kalau plasma dijual tentu tidak bisa sejahtera karena tidak ada penghasilan dari plasma,” ungkap Bupati Hendra saat menghadiri acara penyerahan Sisa Hasil Kebun (SHK) plasma di perusahaan perkebunan sawit.

Dia menyebut jual beli plasma sawit sering terjadi ketika pohon mulai panen. Karena itu, perusahaan yang memberikan modal plasma kepada petani harus membuat aturan ketat.

Menurutnya banyak persoalan yang muncul dikemudian hari ketika warga sekitar perkebunan kelapa sawit menjual lahan plasma. Demikian juga yang menjual keanggotaan koperasi yang bermitra dengan perusahaan.

Kelompok tani yang sudah kerja sama dengan perusahaan dengan sistem plasma banyak yang sukses. Setiap bulan mereka menerima penghasilan.

Meski demikian, selama menunggu masa panen kurang lebih lima tahun, perusahaan perkebunan sawit juga hendaknya dapat memikirkan pendapatan warga untuk memenuhi keperluan sehari-hari, karena setelah adanya pembukaan lahan perkebunan otomatis lahan tempat warga mencari menjadi berkurang.

“Ini juga harus dipikirkan. Selama menunggu masa panen kebun plasma, warga hendaknya dapat ditampung di perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada di sekitar mereka, kalau tidak demikian maka pendapatan warga juga akan terganggu,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/R)


TAGS:

Berita Terbaru