Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Pastikan Kesiapan Sarpras dan SDM Hadapi Karhutla

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 31 Mei 2023 - 12:31 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Memasuki musim kemarau, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau mulai mengambil sejumlah langkah antisipasi menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sering terjadi saat musim kemarau.

“Kami terus melakukan persiapan terkait antisipasi terjadinya Karhutla di Kabupaten Lamandau,” terang Bupati Lamandau, Hendra Lesmana Rabu, 31 Mei 2023.

Pihaknya juga terus melakukan konsolidasi kesiapan dan pengecekan sarana prasarana yang dimiliki Pemkab Lamandau maupun perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Alat pemadam kebakaran, tangki air damkar, pompa jinjing, apar, gepyok, embung, tower pantau api, tim penjinak api, petugas damkar serta relawan, sudah dilakukan pengecekan untuk memastikan semua telah siap.

“Pemkab Lamandau siap mengantisiapasi datangnya musim kemarau dalam hal pencegahan dan penanggulangan Karhutla,” tegasnya.

Terpisah, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau, Gustoni mulai mengintensifkan patroli di daerah rawan Karhutla.

BPBD juga terus melakukan edukasi larangan dan ancaman sanksi tegas yang diterapkan terhadap masyarakat maupun perusahaan yang membakar lahan dengan sengaja dan sosialisasi tentang dampak kebakaran hutan. (HENDI NURFALAH/R)


TAGS:

Berita Terbaru