Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Lamandau Dukung Program KTP Digital

  • Oleh Hendri
  • 31 Mei 2023 - 12:41 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamandau komitmen mendukung program pemerintah melalui Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital. 

Dukungan itu berupa mengajak seluruh tenaga kesehatan menyukseskan identitas kependudukan digital (IKD) dengan mengaktifkan layanan yang sering disebut KTP digital tersebut.

Kepala Dinkes Kabupaten Lamandau, Rosmawati menyatakan dukungan tersebut dinilai sebagai bentuk komitmen pihaknya bersama-sama mendorong suksesnya program yang telah dicanangkan pemerintah itu.

“Saya mengajak seluruh tenaga kesehatan, segera aktifkan identitas kependudukan digital kita. Banyak manfaat dan kemudahan yang akan kita dapat dari program ini,” ajak Rosmawati, Rabu, 31 Mei 2023.

Pihaknya berupaya membantu program identitas kependudukan digital yang saat ini dijalankan pemerintah. 

Tenaga kesehatan perlu berpartisipasi menyukseskan program tersebut, dimulai dari lingkungan kerja masing-masing, serta membantu mensosialisasikan kepada keluarga dan masyarakat.

Rosmawati menyebut identitas kependudukan digital penting untuk kemudahan pemenuhan hak-hak administrasi, serta pelayanan publik kependudukan. Administrasi kependudukan yang pada akhirnya akan terintegrasi dengan pelayanan publik di sektor lain.

Adanya IKD tersebut dilakukan untuk menyongsong era digital. Kehadiran IKD diperuntukkan agar kedepannya masyarakat tidak perlu menunjukkan KTP fisik asli dalam mengakses berbagai macam pelayanan publik.

Penerapan KTP digital atau identitas kependudukan digital tersebut mengacu pada Permendagri Nomor 72 Tahun 2022. 

Identitas digital adalah data kependudukan yang merupakan representasi penduduk dalam aplikasi digital yang melekat pada seseorang dan terdaftar sebagai penduduk. (HENDI NURFALAH/R)


TAGS:

Berita Terbaru