Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

54.000 Pemilih Akan Mencoblos pada Pilkades Serentak Barito Timur 2023

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 31 Mei 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 54.000 lebih warga Barito Timur yang memiliki hak suara berkesempatan untuk memilih kepala desa di 86 desa yang mengikuti Pilkades Serentak Barito Timur 2023.

Kabag Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Barito Timur Matriyuspi mengatakan, logistik pilkades seperti bilik suara, kotak suara dan kertas suara telah disiapkan.

"Khusus untuk surat suara kami cadangkan 2,5 persen jadi ada sekitar 55.000 lebih, dengan jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) berjumlah 141," jelasnya saat dikonfirmasi, Rabu, 31 Mei 2023.

Menurutnya, mulai hari ini tahanan Pilkades memasuki masa tenang hingga tanggal 2 Juni 2023. Kemudian pada tanggal 3 Juni 2023 dilakukan pencoblosan atau pemungutan suara.

"Tanggal Sabtu, 3 Juni, kita akan melaksanakan pilkades serentak dari pukul 07.00 sampai pukul 13.00 WIB, karena itu logistik pilkades semua mulai didistribusikan pada tanggal 2 Mei dengan pengawalan dari Polres Barito Timur dan panitia pilkades tingkat kabupaten," papar Matriyuspi.

Dia menjelaskan, terkait pengamanan TPS semua telah diserahkan kepada Polres Barito Timur untuk mengatur sistem pengamanan yang diterapkan.

Pada kesempatan itu Matriyuspi juga berpesan kepada panitia pilkades di setiap desa agar melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing yang telah ditentukan dan tidak melakukan sesuatu di luar aturan yang berlaku.

Kemudian untuk para calon kades yang bersaing, dia berpesan agar bersaing secara sehat tidak menggunakan cara-cara yang tidak perlu ataupun yang melanggar ketentuan yang berlaku.

"Kepada masyarakat kami mengharapkan peran dan partisipasinya dalam pelaksanaan pilkades serentak ini, karena menyangkut masa depan pemerintahan desa selama 6 tahun ke depannya," pungkas Matriyuspi berpesan kepada masyarakat yang memiliki hak suara. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru