Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Pesan Wabup Barito Timur Songsong Pemilu 2024

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Juni 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh menyampaikan imbauan untuk menyongsong pesta demokrasi terbesar Indonesia yaitu Pemilu 2024 yang akan datang. Imbauan itu disampaikan saat membacakan sambutan Bupati Barito Timur Ampera AY pada upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis, 1 Juni 2023.

"Tidak lama lagi kita akan melaksanakan Pemilu dan Pilkada pada tahun 2024 mendatang, ini akan menjadi pesta demokrasi terbesar dalam sejarah Pemilu di Indonesia karena dilaksanakan serentak dalam tahun yang sama. Oleh karena itu diimbau kepada kita semua untuk mensukseskan karena partisipasi dan pilihan kita semua akan menentukan perjalanan Bangsa Indonesia selama 5 tahun ke depan," ucapnya.

Habib Saleh berpesan agar semua elemen masyarakat menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan tertib serta tidak mudah diadu domba dengan provokasi dan isu-isu yang tidak bertanggungjawab yang sengaja disebarkan oleh pihak-pihak tertentu.

"Jajaran Pemerintah Kabupaten Barito Timur mendukung penuh pelaksanaan semua tahapan Pemilu dan semua pihak yang terlibat dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang," ujarnya.

Pada kesempatan itu Wabup juga menekankan beberapa hal mengenai pesta demokrasi tersebut kepada stakeholder terkait agar segera memetakan potensi masalah dan kemungkinan-kemungkinan terjadinya pelanggaran.

"Perhatikan satu per satu setiap kemungkinan, jangan ada yang terlewatkan, lakukan perencanaan yang matang, siapkan langkah pencegahan, siapkan langkah-langkah mitigasi, siapkan langkah-langkah antisipasi," ujarnya.

Berikutnya Wabup meminta agar berfokus pada upaya-upaya pencegahan tanpa menunggu terjadi pelanggaran sehingga sejak dini dapat mencegah mencegah terjadinya gesekan yang bisa menimbulkan benturan-benturan sosial. 

Kemudian bekerja cepat dan responsif, sesuai dengan ketentuan hukum yang melandasinya.

"Keempat, libatkan partisipasi masyarakat seluas-luasnya, gencarkan pendidikan politik yang positif, literasi, dan partisipasi masyarakat untuk menjaga Pemilu yang berintegritas, jujur dan berkualitas," tandasnya. (BOLE MALO/J) 

Berita Terbaru