Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Amalkan Nilai Pancasila untuk Menumbuhkan Semangat Persatuan dan Kesatuan

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Juni 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tepat 1 Juni 2023 merupakan hari kelahiran Pancasila. Oleh karena itu Anggota DPRD Kalteng, Tomy Irawan mengajak masyarakat agar dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila untuk mempererat serta menumbuhkan persatuan dan kesatuan.

Tomy mengatakan, persatuan dan kesatuan merupakan nilai dasar dari Pancasila yang merupakan modal utama untuk menghadapi berbagai persoalan dan tantangan bangsa saat ini maupun kedepan. Seperti penguatan ekonomi kerakyatan maupun tantangan perekonomian global lainnya.

"Akan tetapi, sampai sekarang masih banyak masyarakat yang hanya mengetahui dan memahami Pancasila secara tekstual. Namun tidak secara komprehensif mendalami, memaknai dan mengamalkan setiap poin yang dibawa oleh tiap butir silanya. Padahal, hal itu yang dibutuhkan Indonesia untuk menjadi bangsa kuat," ucapnya, Kamis, 1 Juni 2023.

Lanjut Tomy, tentunya nilai pancasila ini diharapkan tidak hanya diamalkan oleh masyarakat, akan tetapi juga oleh pemerintah selaku eksekutif dalam pelaksanaan pembangunan di Kalteng. Di mana pelaksanaan pembangunan di daerah dapat berasas pada keadilan sosial bagi masyarakat.

Artinya pembangunan harus benar-benar merata jangan sampai menimbulkan kesenjangan sosial yang dapat perpecahan antar masyarakat maupun antar daerah satu dan lainnya. Keadilan sosial harus diimplementasikan dengan tujuan mensejahterakan masyarakat secara keseluruhan di Bumi Tambun Bungai.

"Asas itu tentu sesuai juga dengan visi misi pemerintah saat ini, yakni membangun Kalteng berakhlak penuh dengan keberkahan. Selamat Hari Pancasila, Mari bersama kita bangkit, semoga peringatan ini bisa menjadi komitmen bersama mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menguatkan nilai toleransi, saling menghormati, dan bergotong royong," tukasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru