Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aplikasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 01 Juni 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin mengingatkan pengaplikasian nilai-nilai pancasila dalam kehidupan.

Ia memaknai perayaan hari lahir Kesaktian Pancasila sebagai merupakan ideologi negara. Ideologi menjadi kerangka penyelenggaraan negara untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

“Dari ideologi inilah nilai-nilai Pancasila yang diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Kalimantan Tengah tidak ada masalah terkait keberagaman,” ungkapnya usai mengikuti upacara virtual peringatan hari lahirnya pancasila di Aula Jayang Tingang, Kamis, 1 Juni 2023.

Perlu diketahui Kelahiran Pancasila sebagai dasar negara bermula dari sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945.

Saat itu, BPUKI yang bertugas menyelidiki semua hal penting termasuk politik, ekonomi, dan lain-lain yang dibutuhkan dalam usaha pembentukan negara Indonesia menggelar sidang pada 28 Mei sampai 1 Juni 1945.

Dalam sidang BPUPKI ini, sejumlah tokoh menyampaikan pidatonya terkait perumusan asas dasar negara. Para tokoh itu di antaranya Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

Pada 1 Juni 1945, Soekarno memperkenalkan 5 sila, yang terdiri dari Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa. Inilah momen Pancasila dikenalkan untuk pertama kalinya.

Rumusan Pancasila itu kemudian dibahas oleh Panitia Sembilan yang kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta. Selanjutnya, pada 18 Agustus 1945, setelah melalui rapat-rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), Pancasila disetujui ada dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah.

Tanggal 1 Juni baru ditetapkan sebagai peringatan Hari Lahir Pancasila di era Presiden Joko Widodo pada 2016 silam. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru