Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebanyak 20 Kuota Haji Tambahan di Kotim Belum Terpenuhi

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 01 Juni 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 20 kuota haji tambahan di Kabupaten Kotawaringin Timur belum terpenuhi. 

"Alhamdulillah jumlah kuota kita cukup besar bahkan ada tambahan kuota 20 orang namun itu mendadak sifatnya ada yang belum terpenuhi," kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor. 

Dirinya mengatakan itu saat melepas jemaah calon haji di Aula Kompleks Islamic Center, Sampit, Kamis, 1 Juni 2023.

Kuota haji tambahan itu mendadak sehingga sejumlah calon jemaah belum siap dari pelunasan. Ada pula yang belum siap kondisi fisiknya.

"Akan kita kaji kalau jemaah calon haji kita hanya terkendala anggaran bisa saja kita komunikasi ke bank. Supaya bank bisa menutupi itu tetapi bunganya ditanggung pemerintah daerah," ujarnya.

Lanjutnya, ini merupakan upaya pemerintah daerah membantu warga yang memiliki niat beribadah haji. Namun bantuan itu ia lakukan sepanjang regulasinya memungkinkan dan selama tidak melanggar aturan.

"Kalau melanggar aturan tidak bisa. Walaupun niat pribadi saya sebagai kepala daerah seperti itu tetapi bila aturan tidak boleh, berarti tidak bisa kita lakukan," demikian Halikinnor. 

Asisten I Setda Kotim Rihel memaparkan sebanyak 20 kloter haji tambahan itu baru terpenuhi 8 orang. Pihaknya telah memanggil jemaah calon haji sesuai daftar antrean namun ad beberapa kendala yang mereka hadapi. 

"Ada yang beralasan tidak siap fisiknya dan mentalnya serta belum melakukan manasik haji, mereka bingung nanti. Ada pula yang terkendala pelunasan. Kalau ada yang mundur, nanti akan digantikan oleh daftar antrean berikutnya," demikian Rihel. (DEWI PATMALASARI/H) 

Berita Terbaru