Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menteri PUPR: Pembangunan IKN Capai 29 Persen untuk Upacara 2024

  • Oleh ANTARA
  • 01 Juni 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, progres atau kemajuan pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mencapai 29 persen untuk persiapan Upacara HUT ke-79 Republik Indonesia pada 2024.

Basuki optimistis Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dapat dilaksanakan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Sekarang progresnya sudah sekitar 29 persen. Kami targetkan beberapa bangunan nanti selesai Juli 2024, sehingga Agustus bisa dipakai Upacara," kata Basuki saat ditemui seusai Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Kamis.

Basuki menjelaskan sejumlah bangunan yang sudah selesai antara lain Kantor Presiden, kantor Menko Polhukam, Menko Perekonomian, Menko Maritim dan Investasi, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kemudian, sejumlah jalan tol saat ini dalam tahap pengerasan yang progresnya mencapai 5-10 persen.

Bendungan Sepaku Semoi yang nantinya berfungsi sebagai infrastruktur penyediaan kebutuhan air baku dan pengendalian banjir di kawasan IKN Nusantara sudah mencapai 91 persen.

Basuki menargetkan pembangunan bendungan tersebut rampung pada Juli mendatang sehingga siap menyediakan air minum.

Total pekerjaan infrastruktur di IKN Nusantara terdapat 75 paket, di mana 35 paket sedang dikerjakan, sedangkan sisanya baru dimulai Juli 2023.

Dalam kesempatan sebelumnya, Basuki dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono turut mendampingi.130 pengusaha Singapura berkunjung ke IKN Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (31/5).

Basuki mengatakan kedatangan para investor untuk memastikan dan melihat langsung pembangunan IKN berjalan sesuai target.

"Ternyata kemarin mereka yakin, mudah-mudahan nanti diproses oleh Otorita , terus ditindaklanjuti investasi," katanya.
 

ANTARA

Berita Terbaru