Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Gabungan Kolaborasi dalam Pos Lapangan Pencegahan Karhutla

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 02 Juni 2023 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt. Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalteng Ahmad Toyib menyampaikan pos lapangan pencegahan Karhutla Kalteng terdiri dari tim gabungan.

“Anggota pos lapangan ini terdiri dari Babinsa, Bhabinkantibmas, relawan Masyarakat Peduli Api (MPA), relawan Taruna Siaga Api Kelurahan (TSAK), relawan Desa Tangguh Bencana dan Taruna Respon Kelurahan,” ungkapnya di halaman Pusdalops Kalteng, pekan ini.

Ia menjelaskan anggota pos lapangan mempunyai tugas melaksanakan patroli pencegahan karhutla, melaksanakan sosialisasi pencegahan Karhutla.

Termasuk, melaksanakan pemadaman  karhutla, menyusun laporan pelaksanaan tugas dan melaksanakan penugasan lainnya yang dianggap perlu.

“Biaya operasional Poslap berupa honorarium personil, makan minum, Bahan Bakar Minyak (BBM) dan lain-lain telah dianggarkan dalam DPA BPBPK Prov Kalteng Tahun Anggaran 2023," ujarnya.

Dia mengatakan selain tugas pengendalian karhutla, pos lapangan berkewajiban melaksanakan apel setiap hari pada pukul 08.00 WIB.

Ditambah menyampaikan laporan hasil pelaksanaan kegiatan di lapangan berupa dokumentasi dan foto-foto kegiatan ke BPBPK Provinsi Kalteng.

“BPBPK Provinsi Kalteng sebagai posko induk Satgas Pengendalian Karhutla juga memberikan dukungan kepada Poslap BPBD Kota Palangka Raya di dua kecamatan yakni Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Sebangau,“ tandasnya. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru