Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satu Desa Batal Ikut Pilkades Serentak Barito Timur 2023

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Juni 2023 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Asisten I Sekda Kabupaten Barito Timur Ari Panan P Lelu mengungkapkan, satu desa batal mengikuti Pilkades Serentak Barito Timur 2023.

Hal tersebut disampaikan Asisten I saat membacakan laporan pada kegiatan pelepasan distribusi logistik pilkades ke desa-desa yang akan melaksanakan pilkades, Jumat, 2 Mei 2023. Dengan demikian hanya 85 desa yang mengikuti pilkades serentak.

Dimintai penjelasan usai pelepasan distribusi logistik pilkades, Sekretaris Daerah Panahan Moetar mengatakan, desa yang batal menggelar pilkades adalah Desa Pinang Tunggal di Kecamatan Pematang Karau.

"Semua kegiatan termasuk pilkades ini kan ada regulasinya, berdasarkan regulasi maka dilaksanakan proses-proses pendaftaran bakal calon kepala desa. Nah, sampai terakhir ternyata (bakal calon kepala desa) yang sudah daftar mengundurkan diri sebelum penetapan," paparnya.

Meski demikian, panitia membuat perpanjangan waktu untuk menjaring ulang bakal calon kepala desa, namun hingga akhir batas waktu tetap tidak terpenuhi sehingga Desa Pinang Tunggal dinyatakan batal menggelar pilkades.

"Jadi nanti supaya tidak terjadi kekosongan (kepala desa) mungkin saja akan kita akan laksanakan Pj (mengangkat pejabat kepala desa)," jelas Panahan.

Sekda berharap masyarakat di Desa Pinang Tunggal tetap berpikir positif membangun desa dan membangun kabupaten. Dia menyadari masyarakat mungkin menilai bahwa menjadi pemimpin di tingkat desa memiliki tanggung jawab yang besar sehingga tidak berani mencalonkan diri.

"Saya berharap ini bukan menjadi indikator bahwa masyarakat itu tidak mau membangun, tidak, tentu mereka juga punya apa pemikiran bahwa sebagai leader di tingkat desa juga punya tanggung jawab besar," ujarnya.

Pilkades Serentak Barito Timur 2023 akan dilaksanakan pada Sabtu, 3 Juni 2023 di 85 desa. Untuk mensukseskan pesta demokrasi tersebut, panitia tingkat kabupaten menyiapkan 141 tempat pemungutan suara atau TPS dan 55.823 surat suara. (BOLE MALO/J) 

Berita Terbaru