Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Minta Peran Puskesmas dan Posyandu Dioptimalisasi

  • Oleh Donny Damara
  • 02 Juni 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sejauh ini penanganan stunting menjadi salah satu perhatian serius Pemprov Kalteng, mengingat angka stunting masih tergolong tinggi di wilayah provinsi ini.

Menanggapi itu anggota Komisi III DRPD Kalteng, Duwel Rawing meminta dalam rangka menekan angka stunting peran puskesmas dan posyandu agar dioptimalisasi. Sebab, peran kedua fasikitas kesehatan tersebut sangat penting.

"Terutam di wilayah pelosok, peran puskesmas dan posyandu ini penting. Kami harap puskesmas dan posyandu yang tidak aktif supaya diaktifkan kembali. Karena, stunting dan masalah kesehatan lainnya perlu ditekaan," ucapnya, Jumat, 2 Juni 2023.

Dirinya menilai, keberadaan dan peran puskesmas dan posyandu sangat vital bagi masyarakat, khususnya yang berada di wilayah pelosok. Di mana fasilitas layanan kesehatan ini menjadi tempat strategis masyarakat untuk mendapatkan penanganan pertama dalam permasalahan kesehatan.

Oleh karena itu, selain dapat diaktifkan kembali, dukungan penuh dari pemerintah mulai dari sarana dan prasarana (sarpras) serta fasilitas pendukung dapat terus ditingkatkan. Keberadaan tenaga kesehatan terampil, diharapkan juga diperhatikan oleh pemerintah daerah.

"Keberadaan posyandu, UPT puskesmas, maupun puskesmas pembantu baik yang ada di kecamatan, kelurahan, atau desa masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat," ujarnya.

"Selain dukungan sarpras dan SDM, diharapkan program pemeriksaan kesehatan gratis baik di posyandu ataupun puskesmas juga harus terus dilaksanakan agar kesehatan masyarakat dan anak-anak di Kalteng ini bisa semakin baik kedepannya," tandasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru