Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wujudkan Masyarakat Sehat, Sarana Air Bersih di Setiap Desa Harus Memadai

  • Oleh Donny Damara
  • 02 Juni 2023 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Sirajul Rahman meminta kepada pemda baik provinsi, kabupaten dan kota untuk dapat mewujudkan masyarakat sehat di wilayah Kalteng ini.

Maka dari itu, salah satu kebutuhan masyarakat seperti halnya sarana air bersih khususnya di wilayah pelosok atau pedesaan perlu dipenuhi dan keberadaannya harus memadai dan layak.

"Salah satu faktor yang menentukan kesehatan masyarakat itu yakni dari apa yang mereka konsumsi, contohnya air. Kalau mengonsumsi air kurang atau tidak bersih maka berdampak terhadap kesehatan," tuturnya, Jumat, 2 Juni 2023.

Dia mengungkapkan, sejumlah desa di Kalteng ini khususnya di wilayah Dapil Kalteng IV meliputi DAS Barito masih ada yang belum menikmati keberadaan air bersih. Sebab, keberadaan sungai yang tercemar.

"Contohnya di Barito Utara tepatnya Desa Lahei II Seberang. Disana keberadaan sungai yang ada banyak yang tercemar. Sehingga tidak bisa lagi dikonsumsi, jadi masyarakat harus membeli air galon untuk konsumsi," ucapnya.

Mengingat kondisi demikian, dalam pelaksanaan resesnya beberapa waktu lalu masyarakat pun menyampaikan aspirasi dan berharap bisa mendapat perhatian dari pemerintah agar bisa mengaliri air PDAM ke rumah-rumah.

"Itu salah satu contoh di daerah yang kita temui, masih banyak desa di Kalteng ini yang membutuhhan keberadaan sarana air bersih. Sehingga, harapan kita pemda bisa memperhatikan sarana air bersih itu disetiap desa yang ada di Kalteng ini," tukasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru