Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim: DLH Harus Optimalkan Tosa Pengambilan Sampah

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 02 Juni 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur mengatakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) harus mengoptimalkan tosa untuk pengambilan sampah di lingkungan padat penduduk.

"DLH bisa mengoptimalkan kewenangannya dengan melibatkan penarik sampah atau tosa sampah sehingga berkoordinasi dengan mereka untuk mengambil sampah di lingkungan padat penduduk," kata anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Riskon Fabiansyah, Jumat, 2 Juni 2023.

Hal ini ia utarakan sebagai solusi mempercepat penanganan sampah di perkotaan. Karena pengadaan depo sampah memerlukan anggaran dan waktu yang lama.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur telah menyalurkan sejumlah tosa sampah. Dia berharap keberadaan fasilitas itu digunakan secara maksimal untuk pengambilan sampah terutama di kawasan padat penduduk. 

"Pemerintah cukup banyak menyalurkan tosa sampah meski jumlahnya belum memadai. Paling tidak ini menjadi solusi dalam jangka waktu yang singkat," demikian Riskon.

Sebelumnya, di wilayah daerah pilihannya Kecamatan Mentawa Baru Ketapang masih ditemukan sejumlah masyarakat membuang sampah sembarangan. Seperti di Kelurahan Pasir Putih dan Jalan Lingkar Selatan. Padahal daerah itu telah memberlakukan hukum adat larangan membuang sampah sembarangan. Hal ini diduga karena minimnya depo sampah dan fasilitas pengambil sampah. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru