Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Serius Kembangkan Bandara H Asan Sampit

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 03 Juni 2023 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur terus menunjukkan keseriusan untuk pengembangan Bandara H Asan Sampit.

"Yang menjadi kendala gedung PKP-PK harus dipindahkan. Biar pemerintah daerah yang bertanggung jawab itu baik memindahkan termasuk membangunnya kembali sehingga kita sharing dengan pemerintah pusat. Mereka akan lebih memperhatikan karena ada kontribusi pemerintah daerah," kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Sabtu, 3 Juni 2023.

Pengembangan Bandara H Asan Sampit bertujuan agar pesawat berbadan besar dapat mendarat. Dalam paparan saat audiensi bersama Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan Endah Purnama Sari mengatakan pengembangan Bandara H Asan Sampit memerlukan perpanjangan landasan pacu yang semula 2.060 meter menjadi 2.260 meter. 

Pengembangan ini juga berimbas kepada pemindahan gedung PKP-PK sebagai jarak aman parking stand pesawat. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bersedia memidahkan gedung itu agar perpanjangan landasan pacu segera direalisasikan oleh pemerintah pusat. 

"Memindahkan dan membangun gedung PKP-PK ini otomatis menunjukkan kesungguhan kita bahwa memang membutuhkan perpanjangan runaway (landasan pacu)," ujarnya. 

Sementara itu, lahan untuk perpanjangan landasan pacu tidak ada kendala dan telah usai proses ganti rugi.

"Kalau diperpanjang kurang lebih 200 meter sudah bisa di darati airbus tetapi persyaratan airbus itu harus lebar runawaynya minimal 45 meter dan turning area minimal harus 60-75 meter," jelasnya.

Ia mengatakan, ganti rugi lahan untuk pelebaran akan segera dilakukan setelah ada kajian teknis oleh konsultan.

"Mana lagi lahan yang belum kita ganti rugi. Ini akan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, sehingga harapan kita dalam waktu dekat bisa dilakukan perpanjangan runawaynya sehingga bisa didarati pesawat airbus," demikian Halikinnor. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru