Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarmasin Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Sukamara Tanggulangi Penyakit Tidak Menular

  • 25 Maret 2016 - 20:59 WIB

DINAS Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara saat ini mulai fokus melaksanakan penanganan serta penanggulangan Penyakit Tidak Menular (PTM), yakni de'ngan meningakatkan peran serta semua pihak baik dari petugas kesehatan serta pihak desa untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.

'Program PTM ini sebenarnya merupakan program baru tetapi akan menjadi masalah apabila lengah, belum selesai permasalahan tentang penyakit menular yang sampai sekarang masih ditangani, masalah PTM ini muncul yang seharusnya dapat diantisifasi lebih awal,' kata Kabid PKM Dinkes Sukamara, Ahmad Darsoni, belum lama tadi.

Menurutnya, permasalahan penyakit tidak menular ini jauh lebih berdampak bagi penderita sebab umumnya memerlukan penanganan dan penyembuhan yang cukup lama serta biaya yang cukup tinggi sehingga sangat berpengaruh terhadap penderita.

'Contohnya PTM seperti diabetes atau kencing manis yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk proses penyembuhan serta membutuhkan biaya yang cukup besar, selain itu juga contohnya kanker dan beberapa penyakit lainnya yang memerlukan perlakukan khusus untuk penyembuhan.'

Untuk itu pihaknya terus melaksanakan program pena'nganan dan penanggulangan untuk PTM ini yakni dengan melibatkan semua pihak seperti peran pemerintahan desa atau kepala desa untuk bisa mengajak dan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat. 'Artinya, perlu ditumbuhkan kesadaran masyarakat menerapkan pola hidup sehat mencegah Penyakit Tidak Menular ini.' (pp/B-5)

Berita Terbaru