Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bone Bolango Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Bangga Siswa SMKN 1 Cempaga Membuat Sepeda Motor Listrik Non Emisi

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 04 Juni 2023 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor bangga terhadap siswa SMKN 1 Cempaga jurusan otomotif yang berhasil membuat inovasi sepeda motor listrik non emisi.

"Saya memberikan apresiasi siswa SMKN 1 Cempaga luar biasa dengan membuat terobosan yaitu motor listrik non emisi. Motor itu mencapai 70 kilometer bisa digunakan dengan baik," kata Halikinnor.

Ia mengatakan hal tersebut saat peluncurkan motor listrik karya siswa SMKN 1 Cempaga bersama Wakil Bupati Irawati di Desa Luwuk Ranggan, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit, Sabtu, 3 Juni 2023.

Sepeda motor listrik karya siswa SMKN 1 Cempaga itu diberi nama SAGA  Electric Vehicle (SAGA EV). Motor tersebut merupakan proyek pengembangan yang dilakukan siswa. Mereka mengkonversi sepeda motor bebek 125 cc berbahan bakar bensin menjadi motor listrik dengan baterai 72 volt hingga 20 ampere hour.

Sehingga kendaraan tidak menghasilkan emisi karbon dan ramah lingkungan. Halikinnor menyebut, karya ini sebagai upaya dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan meningkatkan kualitas udara di Kotim.

"Saya sangat bangga melihat prestasi siswa kita yang telah menciptakan motor listrik ini. Ini motivasi bagi siswa yang ada di Kotim," ujarnya.

Halikinnor berharap, kreativitas siswa SMKN 1 Cempaga menjadi penyemangat bagi generasi muda di daerah ini untuk terus berkarya dan terus berinovasi.

Sementara itu, kepala sekolah SMKN 1 Cempaga Suwandi mengatakan, pengembangan sepeda motor listrik karya siswa ini akan terus disempurnakan.

Sepeda motor listrik ini diatur dengan kecepatan maksimum 80 kilometer per jam dengan jarak tempuh 70 kilometer. Pengisian baterai memerlukan waktu 3 jam hingga penuh.

Kendaraan konversi karya SMKN 1 Cempaga ini memiliki keunggulan tidak akan mati meski dikendarai saat hujan melewati genangan air. Terdapat pilihan mode berkendara  dan  transmisi  mundur serta  dapat  diatur  melalui  aplikasi  mode  berkendara  sesuai  kebutuhan.

Berita Terbaru