Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Ini Sebut Sektor Pertanian Dapat Diandalkan untuk Memperkuat Ketahanan Pangan

  • Oleh Donny Damara
  • 04 Juni 2023 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Sengkon menyebut sektor pertanian dapat diandalkan untuk memperkuat ketahanan pangan daerah. Maka dari itu sektor ini perlu perhatian lebih dari pemda baik provinsi, kabupaten dan kota.

"Pemda di Kalteng harus mampu memperkuat ketanan pangan daerah ini secara mandiri. Jadi, kedepan kita tidak perlu lagi bergantung dengan provinsi lain. Potensi pertanian kita di Kalteng ini sangat menjanjikan pastinya," ucapnya, Minggu, 4 Juni 2023.

Potensi menjanjikan itu harus sebisa mungkin dioptimalkan terutama dari segi pengembangannya. Pemerintah janagn hanya puas terhadap program yang ada pada satu atau dua daerah saja misalnya seperti food estate, akan tetapi perlu juga melakukan pengembangan di daerah lainnya yang memiliki potensi.

"Karena yang kita lihat di sejumlah daerah di Kalteng ini potensi pertaniannya cukup menjanjikan. Apabila itu pengembangannya dapat dioptimalkan maka kita bisa mengandalkan itu untuk memperkuat ketahanan pangan daerah ini," ujarnya.

Dalam upaya memperkuat ketahanan pangan, sektor pertanian masyarakat juga perlu diperhatikan dan didukung. Pasalnya, ada banyak pertanian masyarakat yang dinilai mampu membantu pemerintah dalam menyediakan pangan.

"Apalagi Kalteng ini mempunyai keinginan menjadi salah satu lumbung pangan nasional. Nah, ini tentu harus bisa diwujudkan, kita mendukung itu. Tapi sebelum itu sektor pertanian harus bisa mendapat fokus perhatian dalam pengembangannya baik dari program pemerintah maupun yang dimiliki masyarakat," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru