Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Kobar Ajak Masyarakat Gemar Menanam

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 Juni 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) mengajak masyarakat Kobar untuk gemar menanam denga  memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Bupati Kobar Budi Santosa, saat meresmikan Kebun Percontohan TP PKK Kabupaten Kobar yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Km 12, Desa Purbasari, Kecamatan Pangkalan Lada, Sabtu, 3 Juni 2023 kemarin.

"Saya sangat bangga dan mengapresiasi TP PKK Kabupaten Kobar, ternyata mampu untuk memberi contoh dalam pemanfaatan lahan, dengan berbagai aneka komoditas. Sehingga hal ini tentu dapat menjadi penyemangat masyarakat untuk gemar menanam," kata Budi Santosa.

Pasalnya, seperti di Kebun Percontohan TP PKK ini terdapat berbagai komoditas, baik hortikultura, perikanan dan juga tanaman pangan. Tentu, hal tersebut dapat menekan pengeluaran untuk konsumsi dalam skala rumah tangga.

Budi Santosa berharap, gerakan gemar menanam ini menjadi solusi dalam mengatasi tingginya harga dan kelangkaan pangan di pasaran, misalnya komoditas cabai dan bawang, serta upaya strategis dalam mengendalikan inflasi.

Budi Santosa mengungkapkan, jika bapak Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan mengingatkan akan adanya ancaman yang serius tentang berbagai krisis global  yang bisa melanda negara mana saja. Mulai dari krisis kesehatan karena pandemi, krisis pangan, krisis energi dan ditambah krisis keuangan.

"Bersyukur kita telah melewati krisis kesehatan yaitu pandemi Covid 19, namun tidak kalah mengerikan adalah jika kita mengalami krisis pangan.  Karena pangan adalah kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat," ungkapnya.

Menurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012, Pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis bagi keberlangsungan hidup umat manusia, dan oleh sebab itu pangan ditetapkan sebagai bagian dari hak asasi manusia yang penyelenggaraannya wajib dijamin oleh negara.

"Membangun ketahanan pangan merupakan satu dari prioritas pembangunan nasional. Untuk itu diperlukan berbagai upaya dan terobosan dari kita, agar ancaman krisis pangan itu jangan sampai terjadi di negara kita tercinta ini, khususnya daerah Kotawaringin Barat. Oleh sebab itu, gemar menanam harus kita gencarkan," pungkasnya. (DANANG/Y)

Berita Terbaru