Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Berikan Bantuan Kursi Roda untuk Warga

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 04 Juni 2023 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Di tengah kesibukannya, Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menyempatkan diri menyalurkan bantuan kursi roda kepada 2 warga di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang (MB Ketapang), Minggu, 4 Juni 2023.

"Saya menyerahkan bantuan kursi roda yang pertama kepada seorang ibu yang beberapa bulan lalu terkena stroke sehingga lumpuh tidak bisa berjalan," kata Halikinnor.

Bantuan pertama ia berikan kepada Siti, warga Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Siti telah 6 bulan mengalami stroke dan hanya dirawat oleh suaminya, Samin. Mereka sepasang suami istri lanjut usia.

Samin merawat Siti dan membawanya terapi di sebuah pengobatan tradisional Kecamatan Kota Besi. Pria lanjut usia yang sehari-hari berdagang kacang rebus itu berkisah kepada Halikinnor. Dirinya menghabiskan kurang lebih Rp 500 ribu setiap kali terapi. Namun tidak menunjukkan kesembuhan signifikan.

"Kalau berobat ke puskesmas atau rumah sakit memakai BPJS itu gratis," ujar Halikinnor menyarankan agar pengobatan dilakukan secara medis menggunakan BPJS Kesehatan supaya meringankan mereka. 

Pasangan lanjut usia itu tinggal di sebuah rumah kayu berlantai tanah. Jika hujan tempat mereka berlindung itu banjir. Halikinnor memasuki rumah itu, menginjak tanah yang terdapat papan kayu di atasnya. Genangan air hujan masih membekas di bawah papan kayu.

"Nanti kami beri bantuan agar di uruk rumah ini. Saya belikan tanah, pasir dan semen. Nanti mereka gotong royong. Karena kasihan jika hujan kebanjiran," kata dia. 

Ia mengatakan, sebetulnya ada bantuan untuk renovasi rumah warga setiap tahun. Namun rumah Siti berdiri di lahan pinjam. Sementara persyaratan program itu harus tanah milik pribadi. 

Bantuan kursi roda yang kedua ia salurkan kepada Mudjari. Karena faktor usia menginjak 77 tahun, kondisi fisiknya tidak memungkinkan untuk berjalan. Mudjari salah satu tokoh yang pertama kali tinggal di daerah itu, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. 

"Beliau ini ternyata tokoh di sini yang pertama kali tinggal saat masih kondisi hutan. Membuka lahan dan tinggal hingga sekarang," tandasnya.

Berita Terbaru