Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TP PKK Kobar Perkuat Ketahanan Pangan Keluarga

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 Juni 2023 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan keluarga, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelorakan gerakan 'Aku Hatinya PKK.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua TP PKK Kobar Dra. Hj. Harli Saparia Budi Santosa, saat peresmian kebun percontohan TP PKK Kobar, pada Sabtu, 3 Juni 2023. 

"Saya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya, dalam rangka memperkuat ketahanan pangan keluarga, melalui salah satu program unggulan PKK yakni " Aku Hatinya PKK," ujarnya.

Salah satu program unggulan PKK dengan gerakan AKU HATINYA PKK itu merupakan singkatan dari Amalkan dan Kukuhkan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman.

Lebih lanjut, Hj Harli Saparia Budi Santosa ini menuturkan, jika program AKU HATINYA PKK ini merupakan bagian dari program penguatan ketahanan pangan keluarga.

Kemudian, melalui gerakan AKU HATINYA PKK diharapkan masyarakat dapat secara sadar mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya. 

"Dengan gerakan bersama ini diharapkan akan semakin memberikan kesadaran kepada masyarakat arti pentingnya keasrian, keteraturan, keindahan dan kenyamanan, yang nantinya dapat diimplementasikan dengan memanfaatkan setiap jengkal tanahnya untuk ditanami dengan tanaman-tanaman produktif, tanaman obat, tanaman hias dan tanaman lainnya yang dapat memberikan nilai ekonomi tinggi," ungkapnya.

Jadi, sambung dia, pekarangan yang dimiliki hampir setiap keluarga, dapat dimanfaatkan atau berfungsi sebagai Lumbung Hidup, yaitu pekarangan ditanami dengan tanaman yg mengandung karbohidrat (umbi-umbian, jagung dll.) secara segar,  selain itu di manfaatkan sebagai Warung Hidup,Apotek Hidup, Peternakan maupun Perikanan, yang kesemuanya tentunya bisa memenuhi kebutuhan keluarga dan dapat juga menambahkan penghasilan bagi keluarga.

"Begitu besarnya manfaat dari pekarangan Lestari ini, untuk itu kami mengajak masyarakat harus kreatif dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk ketahanan pangan keluarga, dengan  demikian tidak selamanya harus menjadi konsumtif dengan melakukan pembelian, tetapi bisa mandiri dengan pemanfaatan pekarangan yang ada," pungkasnya. (DANANG/Y)

Berita Terbaru