Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Muna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rumah Warga di Flamboyan Bawah Ini Hampir Ambruk Total karena Abrasi

  • Oleh Pathur Rahman
  • 04 Juni 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Satu unit rumah warga di Jalan Flamboyan Bawah milik Alen, dihuni 5 orang jiwa hampir ambruk total. Diduga, kondisi itu terjadi karena tanah mengalami abrasi hingga ambrol. Bahkan, bagian dapur rumah tersebut telah ambruk.  

Meski tidak ada korban jiwa, kerugian mencapai jutaan rupiah, Kejadian itu sudah dipantau TRC BPBD Kota Palangka Raya dan tetap mengingatkan masyarkat sekitar untuk lebih berhati-hati. Pemantauan itu dilakukan untuk mengantisipasi bangunan tersebut tiba-tiba ambruk.

Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Emi Abriyani melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Heri Fauzi menyampaikan, sudah ada beberapa rumah ambrol, baik di Jalan Flamboyan Bawah maupun Jalan Kalimantan.

“Yang terbaru di Jalan Flamboyan Bawah. Itu rumah miliki bapak Alen, bangunan ambruk setelah abrasi. Maka itu kami ingatkan agar masyarakat sadar bencana, siaga bencana, tanggap bencana. Siap untuk bersinergi dalam menghadapi bencana,” katanya, Minggu, 4 Juni 2023.

Dia melanjutkan, korban sudah mengusi ke tempat keluarga. Sedangkan kondisi bangunan sudah rusak dan tidak bisa digunakan kembal, lantaran bagin penyangga tergerus dan sangat membahayakan.

”Sudah tidak bisa digunakan. Kami pun terus melakukan pemantauan dan mengingatkan masyarakat agr jangan sampai menjadi korban. Penyebabnya memang abrasi,” ucapnya.

Dia menuturkan, BPBD Kota Palangka Raya, terus menyosialisasikan terkait kebencanaan. Dengan memberikan pemahaman-pemahaman terkait kebencanaan yang sering melanda yang sering melanda daerah setempat. Pihaknya juga berharap masyarakat bisa bekerja sama dengan cara bahu-membahu dalam memberikan informasi terkait apabila ada terjadi bencana.  (PATHUR/Y)

Berita Terbaru