Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Rencanakan Ekspansi Ikan Patin Keluar Daerah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 Juni 2023 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng berencana melakukan ekspansi penjualan ikan patin keluar daerah, salah satu yang direncanakan adalah wilayah Jawa Timur (Jatim).

"Harapan kami dari pertemuan ini bahwa perjanjian kerja sama antara Dislutkan Provinsi Kalteng dengan Jatim beberapa waktu lalu dapat diimplementasikan dengan efektif terutama kerja sama ekspor ikan patin dari Kalteng," ungkap Darliansjah dalam keterangannya saat agenda kaji bandi ke Dislutkan Jatim, Selasa, 6 Juni 2023.

Seperti diketahui Kalteng memiliki potensi ikan patin yang cukup besar. Tercatat produksi budidaya ikan patin Kalteng tahun 2021 mencapai 33.567,14 ton.

Capaian ini merupakan kontribusi lokal dari lima wilayah kabupaten dan kota penghasil ikan patin terbesar di Provinsi Kalteng.

Wilayah tersebut mulai dari Kota Palangka Raya, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan, dan Kabupaten Barsel.

Jika dibandingkan dengan tingkat kebutuhan ikan patin segar skala rumah tangga di Kalteng hanya sebesar 16.975,70 ton, terjadi surplus produksi ikan patin sebesar 16.591,44 ton. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru