Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPKP Minta Masyarakat Waspada Rabies Karena Sudah Mulai Memasuki Musim Kawin Anjing

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Juni 2023 - 09:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono meminta masyarakat untuk waspada terhadap gigitan hewan penular rabies atau HPR, terutama di musim kawin yang biasanya terjadi bulan Juni ini.

"Kami imbau masyarakat untuk waspada terhadap gigitan Hewan Penular Rabies atau HPR terutama anjing rabies pada bulan Juni ini karena termasuk musim kawin pada hewan anjing," kata drh Eko kepada Borneonews pada Rabu, 7 Juni 2023.

Terutama pula, lanjutnya, pada anjing yang baru melahirkan yang sensitif dan kerap menyerang.

"Untuk itu masyarakat diminta terus mewaspadai kasus rabies pada anjing saat musim kawin yakni pada bulan April, Mei, Juni maupun Oktober," tambahnya.

Dokter Hewan Eko meminta agar masyarakat dapat secara rutin memberikan vaksin rabies kepada hewan peliharaannya setahun sekali atau dua kali setahun untuk hewan yang diliarkan.

"Vaksinasi bisa dilakukan baik dengan membawa hewan peliharaan ke kantor dinas ataupun klinik hewan, bisa juga dengan menghubungi vaksinator Kota untuk datang memberikan vaksin rabies kepada anjing-anjing milik masyarakat," tutur Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI Provinsi Kalteng ini. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru