Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab bakal Dukung Pengembangan Industri Kecil

  • 27 Maret 2016 - 19:56 WIB

PERKEMBANGAN industri kecil perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah agar mampu bertahan dan mampu bersaing dengan daerah lain. Khususnya industri khas yang selama ini menjadi ikon Bumi Marunting Batu Aji (julukan Kotawaringin Barat).

Selama ini, di Kabupaten Kobar banyak bermunculan industri. Selain kuliner, juga tumbuh industri kecil furnitur yang harus didukung pemerintah dalam rangka pengembangan perekonomian masyarakat. 'Banyak industri kecil sedang tumbuh, mereka harus mendapat perhatian khusus,' ujar Bupati Kobar Bambang Purwanto.

Disebutkan Bambang, Pemkab sendiri bakal melakukan berbagai upaya agar industri bisa tumbuh. Di antaranya mengadakan pelatihan agar produk yang dihasilkan benar-benar layak, apalagi industri kecil khas daerah.'Bantuan permodalan juga akan dibantu, jangan sampai usaha kecil mati karena kurangnya modal,' ucapnya.

Pembuatan amplang

Bupati mencontohkan seperti misalnya pembuatan makanan tradisional amplang di Kumai, yang kini menjadi salah satu primadona jajanan di sejumlah pusat oleh-oleh dan swalayan. Menurutnya, produk khas daerah ini perlu didukung dan diperhatikan

pengembangan ke depanya. 

'Amplang ini sudah tersebar dan dibungkusnya ada nama Kobar. Bahkan orang luar negeri pun suka dengan amplang buatan masyarakat Kumai ini,' kata Bupati. Selain itu lanjut Bupati, industri kecil yaitu ukiran kayu ulin, yang bisa dibuat misalnya patung orang utan, mengingat di Kobar ada Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang sudah terkenal.

Menurutnya ke depan hal ini jadi tanggung jawab dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Koperasi UMKM dan Pasar untuk bisa melakukan pembinaan terhadap industri kecil di Kobar.'Termasuk para perbankan di Kobar juga harus ikut membantu peminjaman modal dengan bunga yang rendah,' ucap Bupati menekankan.

Jika semuanya bisa dijalankan, bukan tidak mungkin industri kecil di Kabupaten Kobar bakal tumbuh dengan pesat. Sementara, potensi pemasaran sangat banyak, termasuk para pelancong asing dan domestik.(CR-1/B-7)

Berita Terbaru