Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Optimalkan Fungsi Pencegahan dalam Pengawasan Netralitas ASN

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 09 Juni 2023 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lamandau Bedi Dahaban mengaku dalam mengawasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada pemilu serentak 2024 lebih mengutamakan fungsi pencegahan.

“Namun bila ada pelanggaran, Bawaslu akan melakukan penindakan yang terintegrasi, sinergis dan efektif,” ujar Bedi saat memberikan arahan pada acara rakor fasilitasi dan pembinaan aparatur Panwaslucam, Jumat, 9 Juni 2023.

Dikatakan Bedi, Bawaslu Kabupaten Lamandau dalam pengawasan netralitas ASN, akan lebih mengoptimalkan fungsi pencegahan. Namun, Jika langkah pencegahan telah dilakukan tetapi pelanggaran tetap muncul, maka pihaknya akan melakukan langkah penindakan.

Langkah-langkah yang dilakukan Bawaslu dalam hal pencegahan, ungkap dia, melakukan pemetaan potensi pelanggaran netralitas dan desain pencegahannya seperti menyusun Indeks Kerawanan Pemilu (IKP).

Selain itu, kata Bedi, pihaknya juga telah merancang strategi pengawasan dan pola penanganan pelanggaran netralitas ASN yang terintegrasi, sinergis dan efektif.

Dijelaskan Bedi, langkah pencegahan tersebut merupakan intruksi dari Bawaslu RI. Pasalnya, secara kelembagaan Bawaslu terus melakukan penguatan kerja sama melalui pembentukan Gugus Tugas Pengawasan Netralitas ASN dengan melibatkan kementerian dan lembaga terkait.

“Kami telah merekomendasikan hasil penanganan kepada KASN (Komisi ASN) dan pengawasan terhadap putusan sanksi,” terangnya.

Dari segi penindakan, dia menyatakan dilakukan sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang diatur melalui  peraturan perundangan serta peraturan Bawaslu dengan memperhatikan aturan-aturan lain yang berhubungan dengan objek dan permasalahan yang ditindak.

“Untuk penindakan menyesuaikan bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh ASN dalam pemilu,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru