Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jaringan Internet di Desa Transmigrasi Pulang Pisau LELET

  • 27 Maret 2016 - 20:12 WIB

TERNYATA fasilitas layanan cepat untuk mengakses internet di desa pelosok tidak semudah dengan di kota.

Di Desa Tahai Jaya, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau misalnya. Meski sudah ada jaringan telekomunikasi, namun jaringan internet masih lelet.

Kondisi ini terjadi karena iranti yang terpasang di pemancar seluler sangat minim. Beda dengan pemancar di kota sangat lengkap dan canggih.

Wajar saja jika jaringan internet di kota sangat baik dan aksesnya begitu cepat. Tapi keadaan seperti itu tidak di Desa Tahai Jaya.

Untuk mengakses internet saja, sebagian warga terpaksa harus mendekat dengan bangunan menara. Jaraknya sekitar 100 meter baru bisa konek.

Jika lebih dari itu atau sekitar 1 Km, maka jaringan internet tidak bisa diakses. Sinyalnya hanya ada satu. Manu Asani, warga Tahai Jaya adalah salah satu pengguna internet.

Dia biasa mengirim gambar dan informasi kebeberapa temannya. Dia berharap pihak seluler bisa menyikapi kondisi ini. Sebab para pengguna internet saat ini cukup banyak.

Apalagi saat ini sebagain warga sudah banyak yang menggunakan telepon pintar. Jadi dengan smartphone seperti itu mereka sudah bisa menggunakan Facebook untuk berkomunikasi lewat dunia maya.

Ada pula yang digunakan untuk kirim data lewat email. Jadi sudah saatnya peluang makin banyaknya para pengguna smartphone ini digunakan oleh pihak provider untuk menambah kapasitasnya.

Dengan demikian para pengguna internet juga tidak kecewa. Apalagi saat ini berita media juga bisa diakses lewat internet.

Borneonews pun juga merasakan lemotnya layanan internet jika ingin mengakses dari desa. 

(JM/B-6)

Berita Terbaru