Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS Ingatkan Perlunya Waspada Inflasi Kelompok Makanan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 12 Juni 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Statistik Harga Badan Pusat Statistik (BPS) Windhiarso P.A. Putranto mengingatkan perlunya waspada terhadap inflasi kelompok makanan.

“Tetap perlu diwaspadai terkait dengan inflasi di kelompok makanan, minuman dan tembakau dimana kelompok ini memberikan andil baik month-to-month (m-t-m) maupun year-on-year (y-o-y) yang relatif tinggi,” tutur Windhiarso saat rapat bersama pemerintah daerah dan Mendagri, Senin, 12 Mei 2023.

Ia menjelaskan komoditas penyumbang utama kenaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH) di sejumlah kabupaten/kota sampai dengan Minggu pertama Juni 2023 adalah daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah dan cabai rawit.

Sementara itu, komoditas penyumbang utama penurunan IPH di sejumlah kabupaten/kota sampai dengan Minggu Pertama Juni 2023 adalah bawang merah, cabai rawit, beras dan cabai merah.

Lebih lanjut disampaikan, dari 52 persen kabupaten/kota di luar Jawa dan Sumatera yang mengalami kenaikan IPH khusus di Provinsi Kalteng, kenaikan harga tertinggi terjadi di Seruyan dengan nilai IPH 6,77 persen. Komoditas andil terbesar yakni daging ras, telur ayam ras dan bawang merah.

Selanjutnya, di Kabupaten Sukamara dengan nilai 4,415. Komoditas andil terbesar yakni daging ayam ras, tahu mentah dan telur ayam ras.

Terakhir di Kabupaten Lamandau dengan nilai 3,89 persen. Komoditas andil terbesar yakni daging ayam ras, telur ayam ras dan minyak goreng. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru