Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua IKM Dapat Anugrah Bintang Tiga dari Menteri

  • 28 Maret 2016 - 20:36 WIB

PEMERINTAH Kabupa'ten Kapuas patut berbangga.

Karena dua kelom'pok industri kecil dan meneng'ah (IKM) anyaman rotan dianugrahi pengharga'an bintang tiga One Village One Produk (OVOP) 2015 dari Men'teri Perindustrian, Saleh Husin.

Dua IKM yang dapat penghargaan itu adalah UD Dare Ma'nuntung dan UD Nabil Reihan Rotan.

Piagam penghargaan pro'duk OVOP bintang tiga itu renca'nanya akan diserahkan pada lomba menganyam rotan yang digagas Disperindagkop dan UMKM Kapuas 12 April 2016.

Kabid Perindustrian, Ferdi'nan Junarko menuturkan, dianugrahinya penghargaan OVOP kepada dua kelompok usa'ha itu, karena produk anyaman rotan Kapuas berbe'da' dengan produk rotan dari daerah lain.

'Dari sisi anyaman dilaku'kan' secara tradisional,' kata'nya. Lalu produk anyaman ro'tan UD Dare Manuntung dan UD Nabil Reihan

Rotan sudah diekspor ke Jepang.

Di Jepang sendiri produk anyaman rotan Kapuas digu'na'kan untuk pelapis dinding rumah, lantai dan flapon rumah.

'Produk anyaman rotan ki'ta itu dibuat memang ber'da'sar'kan ukuran rumah di Jepang. Tentu bangga pro'duk anyaman rotan daerah ki'ta bisa tembus sampai ke Je'pang dan bisa masuk ke da'lam salah satu OVOP yang me'nerima penghargaan.'

Tahun ini dia menargetkan ada IKM Kapuas lainnya bisa meraih penghargaan bintang 4, bahkan bintang lima produk OVOP.

Karena bila meraih bintang' 5, maka pembinaan bagi kelompok usaha anyaman rotan seluruhnya menjadi do'main pemerintah pusat.

'Kalau cuma bintang tiga pembinaannya hanya dari Pemprov Kalteng. Tapi kalau bintang empat dan bintang lima sepenuhnya dari pusat. Jadi apa pun segala kebutuh'an' yang diperlukan IKM akan dipenuhi,' ungkapnya.

Bila meraih bintang 5, maka promosi produknya akan berskala internasional, sedangkan penghargan binta'ng tiga promosinya hanya skala nasional dan untuk pameran produk menjadi tanggung jawab provinsi.

Bila kelompok IKM Kapuas bi'sa meraih bintang 4, maka Pulau Telo akan menjadi kota wi'sata anyaman rotan.

'Jadi mulai dari gerbang masuk Pulau Telo dan sampai penataan dilokasi akan menja'di tanggung jawab pemerintah pusat,' tandasnya.(B-6)

Berita Terbaru